Skip to content
Home » Doa untuk Menyambut Orang Pulang Haji

Doa untuk Menyambut Orang Pulang Haji

Doa untuk Menyambut Orang Pulang Haji

Haji merupakan salah satu ibadah yang sangat penting bagi umat Islam. Setelah menunaikan kewajiban tersebut, maka orang yang melaksanakan haji akan merasa sangat berbahagia karena telah berhasil menunaikan salah satu rukun Islam yang wajib dijalankan sekali dalam seumur hidup.

Namun, ketika kembali dari menunaikan ibadah haji di Mekah, terdapat suatu doa khusus yang harus dilakukan sebagai tanda syukur kepada Allah. Doa ini dikenal dengan sebutan doa untuk menyambut orang pulang haji. Doa ini sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh keluarga, kerabat, tetangga dan semua orang yang ingin merayakan kebahagiaan bersama pasangan, saudara, atau teman yang baru saja pulang dari menunaikan ibadah haji.

Doa Selamat Pulang Haji

“اَللَّهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ فِيْ هَذَا الْمَوْطِنِ الْطَّيِّبِ الْبَرِّ وَالْإِحْسَانَ وَالْعَافِيَةَ وَالْفَوْزَ بِالْجَنَّةِ، وَنَعُوذُ بِكَ مِنَ النَّارِ”.

Allahumma innanaa nas-aluka fee haadhal-mawtin-tayyibil-barri wal-ihsaani wal-‘aafiyati wal-fawza bil-jannah, wa na’uudzu bika minan-naar.

Artinya:

“Ya Allah kami memohon di tempat ini kebaikan, keindahan, kesehatan, dan keberkahan serta kemenangan untuk mendapat surga. Kami pun berlindung kepada-Mu dari api neraka.”

Pentingnya Doa Selamat Pulang Haji

Doa untuk menyambut orang pulang haji sangat penting dilakukan karena di dalamnya termasuk ucapan syukur dan doa agar orang yang telah menunaikan ibadah haji bisa kembali dengan selamat dan membawa berkah dan keberkahan. Doa ini juga berkaitan dengan doa kesembuhan dan doa keselamatan dari segala rintangan dan bahaya.

Selain itu, doa ini juga ternyata memiliki arti yang sangat mendalam. Doa ini dapat diartikan sebagai permohonan agar doa kita sampai ke hadirat Allah, dan menjadi ajakan pada kita semua untuk selalu berlindung kepada Allah dari neraka.

BACA JUGA:   Doa Memasukkan Pakaian ke Koper untuk Haji

Bagaimana Melakukan Doa Selamat Pulang Haji

Di dalam doa selamat pulang haji terdapat beberapa unsur yang harus diperhatikan saat menjalankannya. Pertama, doa ini harus diucapkan saat orang yang menunaikan ibadah haji telah kembali ke rumah, yakni saat berada di tempat tinggal masing-masing. Selain itu, doa ini juga bisa dikombinasikan dengan pemberian cendera mata dan suatu acara kecil-kecilan untuk merayakan kepulangan haji tersebut.

Untuk saudara atau kerabat yang baru saja pulang dari ibadah haji, mereka juga sangat mengharapkan ucapan selamat dari orang-orang terdekatnya. Ucapan selamat ini menjadi suatu tanda bahagia atas keberhasilan yang telah dicapai.

Kesimpulan

Doa untuk menyambut orang pulang haji merupakan doa yang amat penting dilakukan sebagai syukur dan doa agar orang yang baru saja pulang dari menunaikan ibadah haji diberi keberkahan oleh Allah. Doa ini merupakan bagian penting dari peradaban kebangkitan umat Islam, dan di dalamnya terdapat nilai-nilai ketauhidan yang tinggi. Semua orang yang ingin menunaikan haji haruslah menyadari akan pentingnya melaksanakan doa untuk menyambut orang pulang haji ini.