Skip to content
Home » Doa untuk Orang Haji: Keberkahan dan Kesejahteraan Hidup

Doa untuk Orang Haji: Keberkahan dan Kesejahteraan Hidup

Setiap muslim yang mampu dan memiliki kemampuan finansial yang mencukupi seharusnya memiliki keinginan untuk menunaikan ibadah haji. Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan sekali seumur hidup bagi yang mampu dan terdapat di dalam 5 rukun Islam.

Dalam melaksanakan ibadah haji, doa untuk orang haji sangat penting untuk dipanjatkan. Dengan berdoa, kita memohon keberkahan dan kesejahteraan hidup, sekaligus memohon untuk dibukakan pintu rezeki dan diberikan kemudahan dalam menjalani kehidupan. Berikut ini adalah beberapa doa yang dapat dipanjatkan oleh orang haji.

Doa Ketika Pertama Kali Tiba di Tanah Suci

"اَللَّهُمَّ الْبَيْتُ بَيْتُكَ, وَالْحَرَمُ حَرَمُكَ, وَالْبَلَدُ بَلَدُكَ, وَالْأَمِيْنُ أَمِيْنُكَ. اغْفِرْ لِيْ ذُنُوْبِيْ وَاسْتَغْفِرْلِيْ؛ إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ"

Artinya: Ya Allah, rumah ini adalah rumah-Mu, kota ini adalah kota-Mu, dan tanah ini adalah tanah-Mu. Saya mohon ampunan dosa-dosaku dan saya memohon agar Engkau mengampuni. Karena tidak ada yang bisa mengampuni dosa selain Engkau.

Doa ini biasanya dipanjatkan saat pertama kali tiba di tanah suci Mekah. Dengan mengucapkan doa ini, kita meminta keberkahan dan perlindungan Allah SWT pada saat melaksanakan ibadah haji.

Doa Ketika Melakukan Tawaf

"لَبَّيْكَ اَللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لَا شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ، إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لَا شَرِيْكَ لَكَ"

Artinya: Saya datang, ya Allah, saya datang. Saya datang tanpa mengira siapa pun yang saya jumpai, karena segala puji dan kenikmatan adalah milik-Mu. Kekuasaan juga hanya kepada-Mu.

Doa ini dipanjatkan ketika melakukan tawaf mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali. Dalam doa ini, kita mengakui dan menyatakan bahwa kita hadir di hadapan Allah dan tidak ada yang lebih penting selain Tuhan.

BACA JUGA:   Doa untuk Orang Pergi Haji: Memperdalam Iman dan Taqwa

Doa Saat Bertemu dengan Hajar Aswad

"بِسْمِ اللهِ اللهُ أَكْبَرُ"

Artinya: Dengan nama Allah, Allah Maha Besar.

Doa singkat ini adalah doa yang biasanya dipanjatkan saat kita bertemu dengan Hajar Aswad atau batu hitam di Ka’bah. Dalam doa ini, kita memohon bantuan dan kekuatan dari Allah.

Doa Saat Makan Hidangan Haji

"اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْهِ وَأَطْعِمْنَا خَيْرًا مِنْهُ"

Artinya: Ya Allah, berkahilah hidangan ini untuk kami dan berilah kami makanan yang lebih baik daripada ini.

Doa ini biasanya dipanjatkan saat orang haji memakan hidangan yang telah disediakan oleh panitia penyelenggara haji. Dalam doa ini, kita memohon berkah dan keselamatan agar Allah berikan pada kita makanan yang lebih baik lagi.

Dalam melaksanakan ibadah haji, doa untuk orang haji adalah suatu hal yang sangat penting. Selain sebagai bentuk penghormatan kepada Allah, memanjatkan doa juga berfungsi sebagai pengingat bahwa kita sebagai hamba harus selalu menghadapkan diri pada Sang Khalik. Semoga kita semua dapat menunaikan ibadah haji suatu saat nanti dan selalu diberikan kemudahan dalam menjalankan ibadah kita. Amin.