Skip to content
Home » Doa Untuk Orang Haji: Mendapatkan Berkah di Makkah

Doa Untuk Orang Haji: Mendapatkan Berkah di Makkah

Makkah, tempat suci bagi umat Muslim, terletak di Arab Saudi dan menjadi tujuan suci bagi orang Islam dari seluruh dunia. Setiap tahun, jutaan orang memenuhi kota ini untuk melaksanakan ibadah haji atau umrah yang menjadi bagian penting dari keyakinan agama mereka. Dan, salah satu ritual penting dari keduanya adalah doa untuk orang haji.

Doa untuk orang haji merupakan doa yang biasanya dibacakan saat mengunjungi Makkah dalam rangka melaksanakan ibadah haji. Doa ini membuka pintu berkah dan keberkahan bagi jemaah haji serta melindungi mereka dari segala bahaya dalam perjalanan mereka, baik fisik maupun spiritual. Berikut ini adalah beberapa doa untuk orang haji yang mungkin dapat membantu jemaah haji untuk meraih berkah dan keselamatan selama ibadah mereka di Makkah.

Doa Selamat Berangkat Haji

"اللهم إني أودعك دمي وأهلي وأموالي وأولادي وينابيع دمي وديانتي، اللهم فاحفظها لي واحفظني من شر ما احتفظ به الى يوم الدين"

"Ya Allah, aku menyerahkan darahku, keluargaku, hartaku, anak-anakku, dan kepercayaanku kepada-Mu. Ya Allah, lindungi semuanya untukku, dan lindungilah diriku dari kejahatan yang mungkin mereka tersimpan hingga hari kiamat."

Doa selamat berangkat haji merupakan doa yang biasa dibacakan saat seseorang akan berangkat ke Makkah. Doa ini merupakan permohonan perlindungan dari Allah agar jemaah haji mendapatkan keselamatan di perjalanan mereka.

Doa Tawaf

"رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ"

"Wahai Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta peliharalah kami dari siksa neraka."

Doa tawaf adalah doa yang biasa dibacakan saat melakukan putaran-putaran di sekitar Ka’bah dalam rangka melaksanakan ibadah haji. Doa ini merupakan permohonan agar Allah memberi kebaikan dan perlindungan bagi jemaah haji dalam hidup mereka.

BACA JUGA:   Cara Mudah Mengucapkan Doa Supaya Bisa Naik Haji Setiap Tahun

Doa Sa’i

"رَبَّنَا اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِينَ"

"Wahai Tuhan kami, berilah pengampunan dan rahmat-Mu, Engkaulah yang Maha Pengasih di antara para pengasih."

Doa sa’i adalah doa yang biasa dibacakan saat melakukan perjalanan antara bukit Safa dan bukit Marwah dalam rangka melaksanakan ibadah haji. Doa ini merupakan permohonan agar Allah memberikan pengampunan dan rahmat-Nya bagi jemaah haji.

Selain itu, jemaah haji juga dianjurkan untuk berdoa dengan bahasa mereka sendiri, dengan menghadap kiblat dan memohon perlindungan dan kemudahan dalam menjalankan ibadah haji. Semoga doa-doa tersebut dapat membantu jemaah haji dalam mendapatkan berkah dan keselamatan di Makkah.