Skip to content
Home » Doa untuk Orang Sebelum Naik Haji

Doa untuk Orang Sebelum Naik Haji

Sebelum melakukan perjalanan ibadah haji, ada beberapa doa yang sangat direkomendasikan bagi calon jamaah haji. Doa ini tidak hanya bermanfaat untuk meminta perlindungan dan bantuan dari Allah, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kita.

Doa untuk Menjaga Kesehatan

"Doa Ketika Mengambil Ramuan Obat"

Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla walaa quwwata illaa billah

Artinya: Dengan nama Allah aku berserah diri, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.

"Doa Agar Selalu Sehat Selama Perjalanan"

Allahumma tsahhil wassailanaa, watsammi’naa, wa ‘th’hir qulubanaa fahammaduuka alaa maa razaqtanaa, wa in kulli haal wa humma anta bi’adl, wa rahmatika arjuu falaa tu’aakhithnaa bi maa yaquluuna wa’ghfir lanaa maa laa yalamuuna, innaaka antal ‘aalimu wa syaakiru.

Artinya: Ya Allah, mudahkanlah segala urusan kita, kuatkanlah badan kita, dan bersihkanlah hati kita. Kami memuji Engkau atas karunia yang telah Engkau berikan kepada kami, dan meski dalam segala keadaan, Engkau tetap adil dan penuh rahmat. Janganlah Engkau mempertanggungjawabkan atas hal-hal yang kami ucapkan dan ampunilah dosa-dosa kami yang tidak kami ketahui. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui dan Maha Mensyukuri.

Doa untuk Meminta Perlindungan

"Doa Sesudah Wudhu"

Allahumma aj’alni minattawwabiina waj’alni minal mutathahhiriina waj’alni min ibaadiqa al-mukhlashiina

Artinya: Ya Allah, jadikanlah aku termasuk di antara orang-orang yang selalu bertaubat, yang bersuci dan termasuk di antara hamba-hamba-Mu yang terpilih.

"Doa Sebelum Tidur"

Bismika Allahumma amuutu wa ahyaa.

Artinya: Ya Allah, dengan nama-Mu aku mati dan hidup.

Doa untuk Menghapus Dosa

"Doa Sebelum Berbuka Puasa dan Makan"

BACA JUGA:   Kumpulan Doa Pulang Haji untuk Tamu yang Datang

Dzahaba al-zama-u, wa-abtallat al-‘uruqu, wa-thabatal-ajru insha Allah.

Artinya: Membuka puasa dengan baik, bertahan puasa dengan baik dan insha Allah tindakan perbuatan kita diberikan pahala oleh Allah.

"Doa Setelah Shalat Fardhu"

Astaghfirullaaha l-ladzi laa ilaaha illa huwa al-hayyul qayyum wa atuubu ilaih.

Artinya: Aku memohon ampun kepada Allah, yang tiada Tuhan selain Dia, yang hidup dan selamanya serta aku bertaubat kepada-Nya.

Dalam melakukan perjalanan ibadah haji, tidak hanya doa ini saja yang harus dilakukan, tetapi juga doa-doanya dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji. Selain itu tentunya kita harus selalu melakukan tindakan-tindakan positif untuk selalu menjaga keadaan kesehatan dan juga kebersihan diri.

Semoga perjalanan ibadah haji kita selalu diberikan kemudahan dan keselamatan oleh Allah SWT. Aamiin.