Skip to content
Home » Doa untuk Orang yang Akan Pergi Haji

Doa untuk Orang yang Akan Pergi Haji

Sebagai umat Muslim, pergi haji adalah suatu kehormatan dan keberuntungan besar yang tak dapat diukur oleh materi. Saat pergi ke Tanah Suci, kita harus menghadiri sejumlah ritual dan mengikuti aturan/protokol yang harus kita penuhi. Salah satu hal penting yang akan membuat segalanya lancar adalah berdoa dan memohon perlindungan Allah SWT selama perjalanan.

Berikut adalah beberapa Doa untuk Orang yang Akan Pergi Haji:

1. Doa Niat

"Allahumma Labbaik, Ummrah/Labbayka Hajjah"

Artinya: "Ya Allah, aku menyahut panggilan-Mu dengan melakukan umrah/haji."

Doa ini sangat penting dan harus dibaca di setiap tahapan perjalanan kita. Niat harus murni dan jangan sampai terdapat riya’ atau menjadikan haji sebagai ajang pamer untuk kepentingan dunia yang kedua.

2. Doa Sebelum Berangkat

"Allahumma Haula Walaa Quwwata illaa billahil ‘aliyil ‘adhim. Allahumma, jadzim lahu ajrahu wa a’thimmuhu tawilal ajri ِkaafiyyal akhihi muqmen sururi."

Artinya: "Ya Allah, hanya pada-Mu tempat saya meminta pertolongan dan kekuatan. Ya Allah, glorifikasi mereka (umrah/haji) dan tambahkanlah kebaikan dan pahala yang berkelanjutan dan cukup yang diliputi dengan kebahagiaan."

Doa ini sangat penting dikumandangkan jangan sampai kita mengabaikan doa ini. Dengan menjadwalkan waktu khusus untuk berkumpul bersama keluarga, tahlilan dan dzikir dengan teman-teman dapat memperkuat doa kita mengejar rangkaian haji yang meliputi kehidupan keseharian.

3. Doa Naik Kendaraan

"Subhanalladzi sakh-khara lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahu muqriniin. Wa-innaa ilaa Rabbinaa lamunqalibuun."

Artinya: "Maha suci Allah yang telah menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya. dan Sesungguhnya kepada Tuhan kami kami akan kembali."

BACA JUGA:   Doa untuk Jamaah Pulang Haji

Doa ini dibaca saat naik kendaraan. Doa ini bermakna agar kita menyerahkan segala urusan dalam perjalanan dalam tangan Allah. Kita harus yakin bahwa tugas kita hanya berkoordinasi dan berdoa, sedangkan semuanya diatur oleh Allah Swt.

4. Doa Ketika Memasuki Kota Suci

"Allahumma inni as’aluka fadla makkata wa’azzimati baladika wa’rasyaadati ummati wa’nhirharaamik."

Artinya: "Ya Allah, aku memohon padamu karunia Kota Makkah ini, kebesaran negaramu, petunjuk dan kebaikan umatmu dan makanan suci yang ada di dalamnya."

Doa ini dibaca saat kita memasuki Kota Makkah. Doa ini bermakna kita memohon kepada Allah Swt agar selalu dilindungi dan diberikan keselamatan dalam perjalanan ke Kota Makkah.

5. Doa Setelah Menjajaki Waqaf

"Allahumma laa mani’a limaa a’taytaa, wala mua’tiya limaa mana’ta, wala yanfa’u dzaljaddi min kaljaddi."

Artinya: "Ya Allah, tidak ada yang dapat menghalangi apa yang telah Engkau berikan dan tidak ada yang dapat memberikan bantuan untuk menolak apa yang telah Engkau cegahkan. Kekayaan tidak berguna melainkan kekayaan dari Engkau.”

Doa ini dibaca setelah kita menjabat tangan Raja salman dan perbatasan Arab Saudi dengan Yordania. Makna doa ini bermakna kita menyerahkan dan berkata pada Allah Swt bahwa segala yang takdirkan selalu kita nikmati.

6. Doa Tawaf

"Allahummarhamni bil-ka’bah"

Artinya: "Ya Allah, rahmatilah (lapangilah), (lakukanlah) tawaf-ku di Ka’bah."

Doa ini bermakna kita memohon kepada Allah Swt untuk melapangkan jiwa dan hati saat berputar di dekat Baitullah dalam pelaksanaan tawaf. Dengan melantunkan doa ini, tentunya kita akan merasa tenang dan memungkinkan kita berdoa dengan khusyuk di saat kita sedang melakukan Tawaf.

7. Doa Udhiyah

"Bismillahi Allahu Akbar, Allahumma hadha minka wa laka."

BACA JUGA:   Doa untuk Teman yang Mau Berangkat Haji

Artinya: "Dengan nama Allah, Allah Maha Besar, Ya Allah ini milik-Mu dan untuk-Mu."

Doa ini dibaca saat proses penyembelihan hewan kurban yang akan dilaksanakan di hari raya Idul Adha. Dengan membaca doa ini, kita akan merasa sadar bahwa tugas kita hanyalah untuk menyerahkan yang terbaik bagi sang Pencipta, kita harus berusaha maksimal untuk penuh ketaatan.

Kesimpulan

Pergi haji tentunya bukanlah perkara mudah, butuh usaha dan doa yang sungguh sungguh dari dalam hati. Setiap tahapan dalam perjalanan haji yang kita penuhi sama-sama membingkainya di atas dasar keimanan dan ketauhidan pada Allah SWT. Begitu pentingnya bahkan kita khusyuk membaca doanya, walaupun kadang tidak begitu jelas artinya. Mohon maaf atas kesalahan dan kekurangan dalam penyusunan artikel ini. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.