Skip to content
Home » Doa untuk Orang yang Mau Berangkat Haji: Bergerak Menuju Keberkahan

Doa untuk Orang yang Mau Berangkat Haji: Bergerak Menuju Keberkahan

Berangkat haji merupakan impian banyak umat Muslim di seluruh dunia. Mereka rela menabung dan menyiapkan diri dengan baik demi meraih kebahagiaan akhirat. Jalan ke Makkah dan Madinah, kota suci umat Islam, bukanlah perjalanan biasa, melainkan sebuah ibadah yang banyak membawa keberkahan bagi orang yang menunaikannya.

Bagi Anda yang ingin berangkat haji, ada beberapa doa yang perlu Anda baca agar perjalanan Anda lancar dan penuh keberkahan. Berikut ini adalah beberapa doa yang bisa dipanjatkan sebelum dan selama perjalanan menuju Makkah dan Madinah.

Doa Sebelum Berangkat

Berikut adalah doa yang dapat Anda baca sebelum melakukan perjalanan ke Makkah dan Madinah.

Bismillah

Bismillahirrohmanirrohiim. Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Doa Naik Kendaraan

Subhanal lazii sakhkhara lanaa haadzaa wamaa kunnaa lahu muqriniin, wa innaa ilaa Rabbinaa lamunqalibuun. Ya Allah, kami berada dalam perlindungan-Mu, kami berpegang pada tali-Mu, ya Allah, jadikanlah kami selamat dalam perjalanan ini dan kembalikanlah kami dengan selamat.

Doa Memasuki Kota Suci

Allaahumma inni as-aluka khayrahaa, wa khayra ma feehaa, wa a’oozu bika min sharrihaa, wa sharri ma feehaa, wa ana taalibu bi-ma taghfiru lahu as-haabul jannaati. Ya Allah, kami mohon kepada-Mu kebaikan kota ini dan segala hal yang terdapat di dalamnya, kami berlindung kepada-Mu dari kejahatan kota ini dan segala yang terdapat di dalamnya, dan kami memohon ampunan kepada-Mu sebagaimana orang-orang penghuni surga memohon ampunan kepada-Mu.

BACA JUGA:   Panduan Lengkap Doa Haji dan Umroh

Doa Masuk Masjidil Haram

Allaa-humma aftah lii abwaaba rahmatiika. Ya Allah, bukalah bagi kami pintu-pintu rahmat-Mu.

Doa Selama Berada di Makkah

Setelah sampai di Makkah, ada beberapa doa yang disarankan untuk dibaca.

Doa Pada Saat Melihat Kakbah

Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, laa ilaaha ill-Allaah, Allaahu akbar Allaahu akbar, wa Lillaahil hamd. Ya Allah, jadikanlah perjuangan kami dalam menatap Ka’bah ini bukan karena riya’, niat lari-lari untuk menyepelekan kerosakan masa lalu, atau hanya untuk menunjukkan bahwa kami telah tiba di Makkah.

Doa Memohon Ampun

Astaghfirulloha, allazi laa ilaha illa huwal haiyul qoiyum wa atomu tubu ilaih. Ya Allah, ampunilah kesalahan dan dosa-dosa kami, serta bantulah kami untuk selalu berada di jalan-Mu yang benar.

Doa Memohon Haji yang Mabrur

Allahumma taqabbal haji wa sa`yihi wa tawafahu wa qabdhu minhu kulla khathiyatin yaa rabb. Ya Allah, terima amalan haji, tawaf, dan semua usaha kami dalam menunaikannya, dan ampunilah segala dosa-dosa kami.

Doa Menghadapkan Hati ke Ka’bah

Allaa-humma inii as-taadiquka fii kulli haaliin wa as-saluka ridhoon wa al-jannah wa a’uudzu bika min saqhatika wa finnaar. Ya Allah, aku percaya dan bergantung hanya kepada-Mu dalam segala keadaan, mohon ridho-Mu dan surga-Mu dan aku berlindung dari siksa-Mu dan api neraka.

Doa Selama Berada di Madinah

Setelah dari Makkah, perjalanan Anda kemudian akan berlanjut ke Madinah. Di Madinah, Anda juga dapat membaca doa-doa untuk memperoleh kembali kebahagiaan dan kelapangan hati.

Doa di Masjid Nabawi

Allahumma salli alaa muhammadin wa ala ali muhammad kamaa sallaita ala ibrahiim wa ala ali ibrahim innaka hamiidum majiid. Allahumma baarik alaa muhammadin wa ala ali muhammad kamaa baarakta ala ibrahiim wa ala ali ibrahim innaka hamiidum majiid. Ya Allah, shalawat atas junjungan kita Nabi Muhammad SAW serta keluarga dan sahabatnya, sebagaimana Engkau telah bershalawat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Ya Allah, berikanlah pula keberkahan pada junjungan kita Muhammad SAW serta keluarga dan sahabatnya, sebagaimana Engkau telah memberikan keberkahan pada Nabi Ibrahim dan keluarganya.

BACA JUGA:   Hukum Titip Doa Saat Menunaikan Ibadah Haji

Doa Memohon Ampun

Astaghfirulloha, allazi laa ilaha illa huwal haiyul qoiyum wa atomu tubu ilaih. Ya Allah, ampunilah kesalahan dan dosa-dosa kami, serta bantulah kami untuk selalu berada di jalan-Mu yang benar.

Doa di Raudah

Allaahu akbar. Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan ampunan-mu pada saya sendiri dan keluarga saya.

Kesimpulan

Berangkat haji adalah ibadah yang sakral dan berarti bagi umat Muslim. Kendati perjalanan ke Makkah dan Madinah bukanlah perjalanan biasa, doa dan pengorbanan akan membawa banyak keberkahan bagi orang yang menunaikannya. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu berdoa dan memohon ampunan-Nya di setiap langkah perjalanan, mengingat bahwa tujuan utama dari ibadah haji adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semoga artikel ini menjadi pengingat bagi Anda yang akan menunaikan ibadah haji, dan semoga Allah SWT senantiasa meridhoi niat baik Anda. Aamiin.