Skip to content
Home » Doa untuk Orang yang Naik Haji

Doa untuk Orang yang Naik Haji

Haji adalah kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap muslim yang mampu secara finansial maupun fisik. Ini adalah momen berharga yang menjadi impian setiap muslim di seluruh dunia. Haji adalah waktu di mana umat muslim dari seluruh penjuru dunia berkumpul untuk mabruk, doa, dan sesama.

Bagaimana mencapai status haji yang diterima? Ada banyak aspek yang harus dipenuhi, mulai dari persiapan yang matang hingga ketepatan dalam menjalankan ibadah haji. Kali ini, kita akan membahas doa untuk orang yang naik haji terbaik yang bisa Anda baca setiap saat.

Apa itu Doa untuk Orang yang Naik Haji?

Doa adalah salah satu bentuk ibadah yang memberikan kemudahan, ketenangan, dan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari. Ini juga merupakan bentuk ibadah yang sangat ditekankan oleh Nabi Muhammad SAW hingga saat ini. Doa untuk orang yang naik haji digunakan untuk meminta perlindungan, kemudahan, dan keberkahan dalam menjalankan ibadah haji.

Doa untuk Orang yang Naik Haji

Bagi Anda yang akan melakukan ibadah haji dalam waktu dekat, maka berikut adalah beberapa doa yang sangat direkomendasikan untuk dibaca:

1. Doa Masuk Kota Mekah

Artinya: “Sudah pasti bahwa pendudukn yakni penduduk Mekah dan orang yang datang (untuk berhaji) adalah hamba-hamba Allah. Maka ilahiku, berilah mereka ampunan dan berikanlah kepada mereka rahmatmu. karena Sungguh Engkaulah Mahabanya yang Maha Pemberi karunia.”

Doa ini biasanya dibaca ketika sedang memasuki kota Mekah dan ingin memulai ibadah haji.

BACA JUGA:   Doa Terbaik Ketika Haji

2. Doa untuk Orang yang Naik Haji

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku pergi merespon panggilanmu. Sesungguhnya aku bisa merespon panggilanmu. Sesungguhnya aku meninggalkan keluargaku dan harta benda. Ya Allah, perbaikilah bagi kami kami lima hal, yaitu agama kami, dunia kami, akhirat kami, keluarga kami, dan hartakami. Ya Allah, jagalah kami dari pahala neraka, dari adzab kubur. Jagalah kami dari fitnah kehidupan dan fitnah mati, dan jagalah kami dari fitnah Al-Madadji l dan Dajjal.”

Doa ini biasanya dibaca ketika akan menunaikan rukun haji.

3. Doa Setelah Mendaki Bukit Shafa dan Marwah

Artinya: “Ya Allah, berilah aku kebahagiaan hingga aku benar-benar bahagia. Berilah aku kemuliaan hingga aku benar-benar mulia. Beri aku rizki dari segi yang halal dan baik.”

Ini adalah doa yang biasa dibaca setelah menunaikan ibadah Sai (melakukan tujuh kali berlari-lari antara Bukit Shafa dan Marwah).

Kesimpulan

Itulah beberapa doa untuk orang yang naik haji. Doa ini menjadi sangat penting dalam mendapatkan keberkahan, kemudahan, dan perlindungan dari Allah SWT dalam menjalankan ibadah haji. Jangan lupa membaca doa setiap saat dan berdoa dengan sepenuh hati. Semoga Allah SWT selalu menyertai kita dalam menjalankan ibadah haji dan memberikan kesejahteraan di dunia dan akhirat. Amin.