Skip to content
Home » Doa untuk yang Beribadah Umroh

Doa untuk yang Beribadah Umroh

Saat melakukan ibadah umroh, doa adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan guna mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Bagi umat muslim, umroh adalah suatu kewajiban yang harus dijalankan setidaknya sekali dalam seumur hidup. Melakukan ibadah umroh akan membawa banyak manfaat dan berkah, namun tentunya harus dijalankan dengan penuh keikhlasan dan keimanan.

Berikut ini adalah beberapa doa yang dapat dipanjatkan oleh jamaah umroh:

Doa sebelum Umroh

Salah satu doa yang bisa dilakukan saat akan melakukan ibadah umroh adalah dengan membaca doa berikut ini:

"Labbaikallahumma Umrah!"

Arti dari doa ini adalah "Kami datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah untuk beribadah umroh". Doa ini sebaiknya dibaca saat jamaah umroh tiba di bandara atau saat akan memasuki Makkah.

Doa saat Thawaf

Thawaf adalah salah satu rukun dalam ibadah umroh yang wajib dilakukan. Saat melakukan thawaf, jamaah umroh bisa membaca doa seperti berikut:

"Subhanallah walhamdulillah, wala ilaha illallah wallahu akbar, wa la haula wa la quwwata illa billah."

Arti dari doa ini adalah "Mahasuci Allah dan segala puji bagi-Nya. Tidak ada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar. Dan tiada daya upaya kecuali dengan pertolongan Allah."

Doa saat Sai

Setelah thawaf, jamaah umroh kemudian akan melakukan Sai yaitu berjalan-jalan antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak tujuh kali. Saat melakukan Sai, jamaah umroh bisa membaca doa seperti berikut:

"Rabbighfir warham wa ‘afin wa ihdin wa rzuqna"

Arti dari doa ini adalah "Ya Tuhanku, ampunilah kami, sayangilah kami, beri kami kesehatan, tunjukkanlah jalan yang benar dan beri kami rezeki yang halal."

BACA JUGA:   Daftar Travel Umroh yang Bermasalah: Fakta yang Wajib Diketahui oleh Calon Jamaah

Doa saat melihat Ka’bah

Setiap kali jamaah umroh melihat Ka’bah, siapa saja disarankan membaca doa berikut:

"Allahumma anta al-salam wa min ka al-salam tabarakta ya dhal jalali wal ikram"

Arti dari doa ini adalah "Ya Allah, Engkau Maha damai dan semua ketentraman berasal dari-Mu. Engkau Maha memberkati ya Dzat yang memiliki keperkasaan dan kemuliaan."

Doa ketika selesai Umroh

Saat selesai melakukan ibadah umroh, jamaah umroh bisa membaca doa berikut:

"Allahumma salli ‘ala Muhammadin wa ‘ala ali Muhammadin, kama sallaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, Innaka Hamidum Majeed. Allahumma barik ‘ala Muhammadin wa ‘ala ali Muhammadin, kama barakta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, Innaka Hamidum Majeed."

Arti dari doa ini adalah "Ya Allah, berilah shalawat untuk Nabi Muhammad dan keluarganya, seperti Engkau beri shalawat untuk Nabi Ibrahim dan keluarganya. Ya Allah berilah berkah untuk Nabi Muhammad dan keluarganya, seperti Engkau beri berkah untuk Nabi Ibrahim dan keluarganya."

Kesimpulan

Doa adalah hal yang sangat penting dalam setiap ibadah umat muslim, termasuk dalam ibadah umroh. Panjatkanlah doa dengan penuh keikhlasan dan keimanan agar ibadah umroh yang Anda jalankan menjadi lebih berkesan dan memberikan banyak manfaat. Semoga setiap kali melakukan ibadah umroh, doa yang Anda panjatkan selalu diijabah oleh Allah SWT. Aamiin.