Skip to content
Home » Doa Urutan Manasik Haji Anak RA

Doa Urutan Manasik Haji Anak RA

Haji adalah ibadah penting bagi umat muslim yang telah memenuhi syarat untuk melakukannya. Selain tuntunan dalam melaksanakan haji, ada berbagai doa yang harus diucapkan agar mendapatkan keberkahan dalam pelaksanaannya.

Bagi anak-anak RA (Raudhatul Athfal) yang akan melaksanakan manasik haji, ada urutan doa-doa yang harus dihafal dan diucapkan dengan baik. Berikut ini adalah doa urutan manasik haji anak RA:

Doa Tawaf

Pertama-tama, anak-anak RA harus mengucapkan doa tawaf saat akan melakukan tawaf di sekitar Ka’bah. Doa ini sangat penting karena tawaf merupakan salah satu rukun haji yang harus dilaksanakan.

بِسْمِ اللهِ اللهُ أَكْبَرُ

Artinya: “Dengan nama Allah, Allah yang Maha Besar.”

Doa Sai

Selanjutnya, saat melakukan sai antara bukit Safa dan Marwah, anak-anak RA juga harus mengucapkan doa.

رَبَّنَا اغْفِرْ وَارْحَمْ وَتُبْ عَلَيْنَا ۖ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Artinya: “Ya Tuhan kami, ampunilah kami dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkau adalah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.”

Doa Wukuf di Arafah

Selama berada di Arafah, anak-anak RA juga harus mengucapkan doa supaya mendapatkan keberkahan dan pengampunan dosa.

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Artinya: “Tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya lah kerajaan dan bagi-Nya lah pujian. Dia-lah yang menghidupkan dan mematikan dan Dia-lah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Doa Tahalul

Terakhir, setelah selesai melaksanakan haji, anak-anak RA juga harus mengucapkan doa tahalul saat mencukur atau memotong rambut.

بِسْمِ اللهِ اللهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنِّي وَتَقَبَّلْ حَجِّي

Artinya: “Dengan nama Allah, Allah yang Maha Besar. Ya Allah, terimalah dari saya dan terimalah ibadah haji saya.”

Itulah doa urutan manasik haji yang harus dihafalkan dan diucapkan dengan baik oleh anak-anak RA saat melaksanakan haji. Semoga menjadi amal ibadah yang diterima oleh Allah SWT.

BACA JUGA:   Doa Saat Tawaf Haji