Skip to content
Home » Doa Walimatus Safar Haji Ala Pesantren Salaf

Doa Walimatus Safar Haji Ala Pesantren Salaf

Doa Walimatus Safar Haji adalah doa yang diucapkan ketika seorang Jamaah Haji akan meninggalkan keluarga dan rumahnya untuk berangkat menunaikan ibadah Haji. Doa ini berisi permintaan ampun, keberkahan, dan perlindungan dari Allah SWT selama perjalanan hingga kembali ke rumah masing-masing. Di pesantren salaf, Doa Walimatus Safar Haji diajarkan agar menjadi bagian dari kebiasaan seorang muslim sebelum berangkat dalam perjalanan panjang.

Keutamaan Doa Walimatus Safar Haji

Sebelum berbicara tentang isi Doa Walimatus Safar Haji, penting untuk mengetahui keutamaan dari doa ini. Doa Walimatus Safar Haji merupakan doa sunnah yang disarankan oleh Rasulullah SAW. Ketika berada di Mekah, beliau pernah mengajarkan doa ini kepada para sahabatnya sebelum mereka berangkat ke tempat-tempat yang jauh.

Selain itu, Doa Walimatus Safar Haji juga merupakan bentuk kedekatan dengan Allah SWT. Dalam doa ini, Jamaah Haji mengakui bahwa segala sesuatu berada di bawah kuasa Allah SWT dan hanya Dia yang dapat memberikan perlindungan dan keamanan selama perjalanan. Dengan mengucapkan doa ini, Jamaah Haji memohon perlindungan dan doa agar Allah SWT mengizinkan perjalanan sampai ke tempat tujuan dengan selamat.

Isi Doa Walimatus Safar Haji

Doa Walimatus Safar Haji terdiri dari rangkaian kalimat yang disusun dengan baik dan diucapkan pada saat akan meninggalkan rumah. Berikut adalah beberapa kalimat yang terdapat pada doa ini.

“Allah humma hasibni hisab,

Wa a’idhni minal khof,
Wa zidni min rohmatika ‘ilman,
Wa la taqthor bihaqdi,
Wa a’fi ni mimman ‘afita wa minkasysu,
Wa taqabal minni ilaa minka laa ilaaha illaa anta.”

BACA JUGA:   Bacaan Latin Doa Haji: Panduan Lengkap Bagi Calon Jamaah Haji

Artinya, "Ya Allah, cukupkanlah segala hajatku,
Jauhkan aku dari ketakutan,
Berikanlah aku lebih banyak ilmu dari rahmat-Mu,
Jangan Engkau membiarkan kesalahan orang lain merugikan diriku,
Lindungilah aku dari orang-orang yang meminta perlindungan dari-Mu,
Terimalah doa dan permohonan ini karena Engkau adalah satu-satunya Tuhan yang berhak disembah."

Manfaat Mengucapkan Doa Walimatus Safar Haji

Mengucapkan Doa Walimatus Safar Haji memiliki banyak manfaat bagi Jamaah Haji maupun siapapun yang akan melakukan perjalanan jauh. Berikut adalah beberapa manfaat dari mengucapkan doa ini.

1. Permintaan Ampun

Mengucapkan doa ini saat hendak berangkat merupakan bentuk permohonan ampun dari segala dosa yang telah dilakukan khususnya sebelum meninggalkan keluarga dan rumah.

2. Perlindungan Dari Allah SWT

Doa ini juga berisi permohonan agar Allah SWT memberikan perlindungan dan keselamatan selama perjalanan hingga kembali ke rumah.

3. Menjaga Kualitas Iman

Mengucapkan doa ini juga merupakan bentuk menjaga kualitas iman dan dekat dengan Allah SWT. Dalam doa ini, Jamaah Haji mengakui bahwa Allah-lah satu-satunya pelindung dan pemberi keselamatan.

Kesimpulan

Doa Walimatus Safar Haji adalah doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dan menjadi kebiasaan di pesantren salaf sebagai doa wajib sebelum berangkat dalam perjalanan jauh. Doa ini berisi permintaan ampun, perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT. Mengucapkan doa ini memiliki manfaat dengan memberikan rasa tenang dan kekuatan iman saat dalam perjalanan. Semoga kita semua selalu dijaga dan dilindungi oleh Allah SWT dalam setiap langkah perjalanan kita. Amin.