Skip to content
Home » Doa yang Baik Waktu Umroh/Haji

Doa yang Baik Waktu Umroh/Haji

Doa yang Baik Waktu Umroh/Haji

Umroh dan haji adalah ibadah yang sangat penting bagi umat Muslim di seluruh dunia. Setiap orang yang mampu secara finansial maupun kesehatan diharuskan mengunjungi Baitullah untuk menunaikan ibadah umroh atau haji. Seperti halnya ibadah lainnya, umroh dan haji juga diikuti dengan doa-doa yang harus dibaca oleh setiap orang yang akan menunaikan ibadah tersebut.

Doa sangat bermanfaat untuk meminta apa yang kita butuhkan dari Allah SWT. Namun, doa yang benar dan tepat waktu menjadi sangat penting dalam hal ini. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas tentang doa yang baik waktu umroh/haji, seperti yang harus dibaca pada setiap saat.

Doa sebelum memasuki Masjidil Haram

Sebelum memasuki Masjidil Haram, ada beberapa doa yang harus dibaca. Salah satunya adalah dengan membaca doa berikut:

اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Artinya: “Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat Mu untukku.”

Doa ketika melihat Ka’bah

Ketika melihat Ka’bah untuk pertama kali dalam hidup Anda, tak lupa untuk membaca doa berikut:

اللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنْيْ حَجِّي وَعُمْرَتِيْ

Artinya: “Ya Allah, terima lah haji dan umrohku.”

Doa ketika mencium Hajar Aswad

Hajar Aswad adalah salah satu batu hitam di tengah-tengah Ka’bah. Orang yang berhasil menciumnya dianggap sebagai pencapaian yang luar biasa. Ketika mencium Hajar Aswad, baik pada umroh maupun haji, bacalah doa berikut ini:

بِسمِ اللهِ اللَّهُ أَكْبَر

Artinya: “Dengan nama Allah, Allah Mahabesar.”

Doa di Mina

Masjid Mina merupakan tempat yang sangat sakral karena merupakan tempat wajib bagi jamaah haji untuk menginap selama beberapa waktu. Begitu juga ketika Anda menunaikan ibadah haji, tak lupa untuk membaca doa berikut:

سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ

Artinya: “Maha Suci Allah yang telah memudahkan untuk kita semua dan tidak mampu menguasainya.”

BACA JUGA:   Doa Agar Hajinya Mabrur: Tips dan Cara-Cara yang Dapat Dilakukan

Doa ketika menuju Jamarat

Jamarat adalah tempat di mana orang-orang melempar batu kecil ke tiga tempat pelontarannya, sebagai bentuk protes terhadap Iblis. Ketika Anda menuju ke tempat tersebut, bacalah doa berikut:

اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِيْ قَلْبِي نُوْرًا وَفِيْ لِسَانِيْ نُوْرًا وَفِيْ بَصَرِيْ نُوْرًا وَفِيْ سَمْعِيْ نُوْرًا وَمِنْ فَوْقِيْ نُوْرًا وَمِنْ تَحْتِيْ نُوْرًا وَعَنْ يَمِيْنِيْ نُوْرًا وَعَنْ يَسَارِيْ نُوْرًا وَاجْعَلْ فِيْ بَشَرِيْ نُوْرًا

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah nur dalam hatiku, dalam lisanku, dalam penglihatanku, dalam pendengaranku, di atasku, di bawahku, di kananku, di kiriku, dan jadikanlah dalam kulitku nur.”

Doa ketika berada di Arafah

Arafah adalah tempat wajib di mana jamaah haji harus berada di sana pada saat tanggal 9 Dzulhijjah. Doa dibaca ketika Anda berada di sana:

لآ إِلَهَ إِلا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَ لَهُ الْحَمْدُ يُحْيِي وَ يُمِيْتُ وَ هُوَ حَيٌّ لَا يَمُوْتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ، إِنَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya: “Tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan segala puji, Dia yang menjadi sumber kehidupan dan kematian, dan Dia tetap hidup tanpa ada halangan. Dialah yang mempunyai segala kebaikan, dan Dia memiliki kekuasaan yang mutlak atas segala sesuatu.”

Doa ketika Tawaf

Tawaf adalah berjalan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali searah jarum jam. Ketika melakukan tawaf, bacalah doa berikut:

أَللّهُمَّ اجْعَلْ هَذَا الطَوَافَ عِبَادَةً مَقْبُوْلَةً وَ سَعْيًا مَشْكُوْرَاً وَ ذَنْبًا مَغْفُوْرَاً 

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah tawaf ini sebagai ibadah yang diterima, sebagai suatu usaha yang dicatat, dan sebagai dosa yang diampuni.”

Doa ketika selesai Tawaf

Saat selesai berputar-putar mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali seperti yang dijelaskan di atas, doa berikut ini harus dibaca:

أَللّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَأَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ (ثَلاثًا) 

Artinya: “Ya Allah, aku memohon ampun dan keselamatan untuk dunia dan akhirat dan aku memohon kesehatan.”

BACA JUGA:   Doa Acara Manasik Haji

Demikianlah beberapa doa yang harus dibaca ketika menunaikan ibadah umroh maupun haji. Pastikan untuk terus membacanya dengan khusyuk dan penuh keikhlasan agar ibadah umroh/haji yang kamu lakukan dapat diterima dan meraih keutamaan yang diinginkan. Semoga bermanfaat.