Skip to content
Home » Durasi Umroh Di Mekkah: Berapa Lama Yang Dibutuhkan?

Durasi Umroh Di Mekkah: Berapa Lama Yang Dibutuhkan?

Berapa lama umroh di Mekkah?

Umroh di Mekkah: Berapa Lama?

Paket umroh adalah paket perjalanan religi yang terdiri dari beberapa kegiatan selama berada di Mekkah. Paket umroh biasanya terdiri dari 9 hari dengan 3 malam di Mekkah. Tentu saja, masing-masing jamaah memiliki pengalaman berbeda dan membutuhkan waktu yang berbeda untuk menyelesaikan perjalanan ibadah mereka. Namun, umumnya ibadah umroh dapat diselesaikan dalam waktu 3-4 jam.

Mengapa Umroh Harus Dilakukan di Mekkah?

Mekkah adalah kota suci dalam Islam yang berada di Arab Saudi. Mekkah adalah tempat dimana Allah telah menurunkan wahyu-Nya dan Allah telah memerintahkan umat Islam untuk melakukan ibadah umroh ke Mekkah. Oleh karena itu, ibadah umroh hanya dapat dilakukan di Mekkah.

Berapa Lama Seseorang Harus Berada di Mekkah untuk Umroh?

Umroh adalah ibadah spesifik yang hanya dapat dilakukan di Mekkah. Oleh karena itu, jamaah yang melakukan ibadah umroh harus menginap di Mekkah selama 3 malam. Itu berarti bahwa jamaah harus tinggal di Mekkah selama 9 hari sebelum mereka dapat menyelesaikan ibadah umroh.

Apa yang Harus Dilakukan di Mekkah?

Setelah tiba di Mekkah, jamaah akan segera menjalankan ibadah umroh. Ibadah umroh terdiri dari beberapa tahap, yang dikenal sebagai “Safar”. Tahap-tahap ini meliputi:

  • Tawaf: Jamaah akan berjalan di sekitar Ka’bah 7 kali untuk mensucikan diri dan menyembah Allah.
  • Sa’i: Jamaah akan berlari di antara bukit Shafa dan Marwah 7 kali untuk mengingat perjalanan Nabi Ibrahim dan Siti Hajar.
  • Tahalul: Jamaah akan menyelesaikan umroh dengan memotong rambut mereka.
BACA JUGA:   Daftar Vaksin Umroh Online

Setelah tahap-tahap ini selesai, jamaah akan menyelesaikan ibadah umroh dan dapat melanjutkan perjalanan mereka.

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Umroh?

Setelah menyelesaikan ibadah umroh, jamaah akan dapat mengunjungi tempat-tempat wisata di Mekkah, seperti Masjidil Haram dan Masjid Quba. Jamaah juga dapat melakukan ibadah lainnya, seperti berziarah ke Makam Nabi Ibrahim dan Siti Hajar.

Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Umroh?

Sebelum melakukan ibadah umroh, jamaah harus mempersiapkan beberapa hal, seperti:

  • Paspor: Jamaah harus memiliki paspor yang masih berlaku agar dapat melakukan perjalanan.
  • Tiket Penerbangan: Jamaah harus membeli tiket penerbangan untuk pergi ke Mekkah dan kembali.
  • Visa Umroh: Jamaah harus memiliki visa umroh untuk dapat menginap di Mekkah.
  • Uang: Jamaah harus mempersiapkan uang untuk biaya selama berada di Mekkah.

Kesimpulan

Umroh adalah ibadah religi yang hanya dapat dilakukan di Mekkah. Dalam satu paket umroh, biasanya jamaah akan menginap di Mekkah selama 3 malam. Dan di hari pertama di Mekkah, Anda akan langsung menjalankan ibadah umroh yang dapat diselesaikan dalam waktu 3-4 jam. Setelah menyelesaikan ibadah umroh, jamaah masih memiliki waktu untuk berkeliling dan melakukan ibadah lainnya. Oleh karena itu, jamaah harus mempersiapkan beberapa hal, seperti paspor, tiket penerbangan, visa umroh, dan uang sebelum melakukan perjalanan umroh.