Skip to content
Home » Dzikir Setiap Hari Adalah Amalan Setara dengan Ibadah Haji

Dzikir Setiap Hari Adalah Amalan Setara dengan Ibadah Haji

Pandemi COVID-19 membatasi pergerakan kita untuk melaksanakan ibadah haji di Makkah. Namun, kita masih dapat mendapatkan pahala yang setara dengan ibadah haji dengan berbagai amalan lain yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Salah satu amalan yang mudah dilakukan setiap hari untuk mendekatkan diri kepada Allah adalah dzikir.

Dzikir adalah mengingat Allah SWT dengan sebutan dan kalimat tertentu. Dalam hadis riwayat Abu Daud, Rasulullah SAW bersabda, “Dzikir pagi dan petang adalah doa yang ringan diucapkan namun berat timbangan kebaikannya di sisi Allah.” Dzikir pagi dan petang adalah dua amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan setiap hari.

Selain dzikir pagi dan petang, ada juga dzikir yang bisa dilakukan setiap saat seperti dzikir tahmid, dzikir tahlil, dzikir takbir dan lain-lain. Menurut Imam al-Ghazali, dzikir adalah obat penenang hati yang sangat efektif. Dalam kitabnya “Ihya Ulumuddin,” ia menulis, “Kesehatan hati hanya bisa tercapai dengan mengingat Allah dalam segala keadaan.”

Dzikir bisa dilakukan dengan cara menyebut asma Allah, menyebut ayat-ayat Al-Quran, atau menyebut kalimat-kalimat tasbih dan tahmid. Dalam ayat Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah dzikir yang sebanyak-banyaknya” (QS. Al-Ahzab: 41-42).

Setiap kalimat dzikir mempunyai arti tersendiri dan membawa keberkahan bagi yang melafalkannya. Contoh dzikir pagi yang bisa kita amalkan setiap hari adalah:

  • Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar, wa la hau la wala quwwata illa billah
  • La ilaha illallah, wahdahu la syarika lah, lahul mulk wa lahul hamd, yuhyi wa yumit, wa huwa ala kulli syaiin qadir
  • Astaghfirullahal azim, alladzi la ilaha illa huwal hayul qayyum wa atubu ilaih
BACA JUGA:   Amalan Haji Mabrur: Panduan Lengkap untuk Menjalankan Ibadah Haji

Dzikir pagi dan petang bisa dilakukan setelah shalat shubuh dan ashar. Dzikir setelah shalat lima waktu juga merupakan amalan yang sangat dianjurkan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Menurut Imam Nawawi, dzikir setelah shalat limbah amalan yang paling sempurna dan paling utama setelah shalat.

Selain dzikir, ada amalan-amalan lain yang bisa dilakukan setiap hari untuk mendekatkan diri kepada Allah seperti membaca Al-Quran, shalat sunnah, berinfaq dan menyebarkan kebaikan. Namun, dzikir adalah amalan yang paling mudah dilakukan dan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Akhir kata, setiap amalan yang dilakukan dengan ikhlas dan niat yang baik pasti akan mendapatkan balasan yang berlipat-lipat dari Allah SWT. Meskipun kita tidak dapat pergi ke Makkah untuk melaksanakan ibadah haji, kita masih dapat mendapatkan pahala setara dengan ibadah haji dengan berbagai amalan yang dianjurkan. Mari rutinkan dzikir setiap hari dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.