Skip to content
Home » Empat Kali Umroh Sebelum Ibadah Haji

Empat Kali Umroh Sebelum Ibadah Haji

Salah satu ibadah yang paling diidamkan oleh umat Islam adalah ibadah haji. Bagi seorang Muslim, menunaikan haji adalah suatu kehormatan dan kebanggaan. Namun, syarat utama untuk menunaikan haji adalah harus mampu secara finansial dan fisik. Oleh karena itu, tidak semua orang dapat menunaikan haji.

Namun, ada alternatif bagi orang yang ingin mendekatkan diri dengan Allah tanpa menunaikan haji. Alternatif tersebut adalah umroh. Umroh adalah ibadah yang bisa dilakukan kapan saja selain tanggal 8 Dzulhijjah hingga 12 Dzulhijjah. Umroh juga tidak memiliki syarat seperti halnya haji. Dalam Islam, umroh juga disebut sebagai ‘Haji Kecil’.

Salah satu cara untuk memperbanyak pahala di hadapan Allah adalah dengan melaksanakan umroh sebanyak mungkin sebelum menunaikan haji. Berikut adalah empat kali umroh sebelum menunaikan haji yang bisa dilakukan:

1. Umroh Pertama

Umroh pertama sebaiknya dilakukan pada saat usia produktif masih kuat dan belum terlalu renta. Dalam umroh pertama ini sebaiknya beribadah dengan sungguh-sungguh dan tidak dijadikan sebagai ajang liburan. Dengan beribadah sungguh-sungguh, maka akan semakin dekat dengan Allah dan semakin mendapat pahala.

2. Umroh Kedua

Umroh kedua sebaiknya dilakukan setelah umroh pertama, tidak perlu terburu-buru. Umroh kedua ini bisa dilakukan kapan saja jika sudah mampu secara finansial dan fisik. Sebaiknya juga tidak dijadikan sebagai ajang liburan, karena tujuannya adalah beribadah dan mendapatkan pahala.

3. Umroh Ketiga

Umroh ketiga sebaiknya dilakukan saat sudah memiliki kelebihan finansial dan fisik yang cukup untuk beribadah. Umroh ini bisa dilakukan setelah umroh kedua dan bisa dijadikan ajang silaturahmi dengan keluarga atau kerabat yang ingin beribadah bersama.

BACA JUGA:   Daftar Haji 2016 Banten: Persiapan Penting untuk Memenuhi Panggilan Allah

4. Umroh Keempat

Umroh keempat sebaiknya dilakukan menjelang atau sesudah menunaikan ibadah haji. Dalam umroh keempat ini, sebaiknya beribadah dengan sungguh-sungguh dan berdoa agar diterima dan menjadi tambahan pahala dari ibadah haji.

Dengan melakukan empat kali umroh sebelum menunaikan haji, akan semakin mendapat banyak pahala dan semakin dekat dengan Allah. Namun, jangan lupa juga untuk selalu bersabar dan ikhlas dalam beribadah, karena pahala yang didapatkan bukan hanya karena banyaknya ibadah yang dilakukan, namun juga niat, kesungguhan, dan ikhlas yang ditanamkan dalam setiap ibadah yang dilakukan.

Kesimpulan

Dalam Islam, umroh adalah ibadah yang bisa dilakukan kapan saja selain tanggal 8 Dzulhijjah hingga 12 Dzulhijjah. Dalam memperbanyak pahala di hadapan Allah, salah satu cara adalah dengan melaksanakan umroh sebanyak mungkin sebelum menunaikan haji. Dalam melakukan empat kali umroh, sebaiknya beribadah dengan sungguh-sungguh, sabar, serta ikhlas. Dengan begitu, kita bisa semakin mendapatkan banyak pahala dan semakin dekat dengan Allah.