Skip to content
Home ยป Fadhilah Ibadah-Ibadah Saat Umroh Sesuai Hadits Shahih

Fadhilah Ibadah-Ibadah Saat Umroh Sesuai Hadits Shahih

Umroh merupakan salah satu ibadah yang memiliki banyak fadhilah dan keutamaan dalam Islam. Ada banyak ibadah yang dapat dilakukan saat umroh, seperti thawaf, sai, dan taqwaf. Semua ibadah ini memiliki fadhilah masing-masing yang penting untuk dipahami. Berikut adalah beberapa fadhilah ibadah-ibadah saat umroh sesuai hadits shahih.

Thawaf

Thawaf adalah ibadah berputar-putar mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali. Thawaf merupakan ibadah yang sangat penting dalam umroh dan memiliki banyak fadhilah. Berikut adalah beberapa fadhilah thawaf saat umroh sesuai hadits shahih.

Meningkatkan Iman

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang melakukan thawaf di Ka’bah sebanyak 7 putaran, maka dosa-dosanya akan diampuni." (HR. Bukhari dan Muslim). Dalam hadits lain, Rasulullah bersabda, "Thawaf menghilangkan dosa seperti air menghilangkan kotoran di baju putih." (HR. Turmudzi). Dengan melakukan thawaf, iman seseorang akan semakin meningkat dan dosa-dosanya akan diampuni.

Mendapatkan Pahala Sebagaimana Haji

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang melakukan 7 putaran di sekitar Ka’bah dan melaksanakan 2 rakaat shalat di belakang Maqam Ibrahim, maka seperti haji yang menunaikan haji tamattu’." (HR. Bukhari dan Muslim). Dengan melakukan thawaf dan shalat di belakang Maqam Ibrahim, seseorang akan mendapatkan pahala sebagaimana haji.

Penyembuhan dan Kesembuhan

Rasulullah SAW bersabda, "Ka’bah itu penyembuh segala penyakit dan kepandaian." (HR. Bukhari). Melakukan thawaf di Ka’bah juga dapat membantu dalam proses penyembuhan dan kesembuhan seseorang.

Sai

Sai adalah ibadah berlari-lari kecil antara Bukit Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali. Sai memiliki fadhilah yang penting untuk dipahami.

BACA JUGA:   Mekanisme Pendaftaran Jamaah Umroh: Prosedur yang Harus Kamu Ketahui

Bukti Kasih Sayang Allah

Rasulullah SAW bersabda, "Allah SWT lebih gembira ketika hamba-Nya berpindah dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah dan kembali lagi ketika berlari, daripada seorang ayah yang gembira karena terlihat anaknya." (HR. Ahmad). Dengan melakukan sai, seseorang dapat merasakan kasih sayang Allah SWT.

Keselamatan dari Pedihnya Neraka

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa melakukan sai antara Bukit Shafa dan Marwah, maka akan terhapus dosanya. Maka jika ada dosa yang lalu, maka dosa itu akan diampuni." (HR. Bukhari dan Muslim). Dengan melakukan sai, seseorang dapat meraih makna keselamatan dari pedihnya neraka.

Mendapatkan Hidayah Dari Allah SWT

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa melakukan sai antara Bukit Shafa dan Marwah diiringi oleh shalawat dan dzikir, jika dia melakukan itu dalam satu kondisi serius dan semangat yang sama dengan Nabi Ismail, maka dia akan mendapatkan hidayah dari Allah SWT." (HR. Ahmad). Dengan melakukan sai, seseorang dapat mendapatkan hidayah dari Allah SWT.

Taqwaf

Taqwaf adalah ibadah yang dilakukan dengan berjalan mengelilingi Ka’bah dalam keadaan suci sebanyak 7 kali. Taqwaf memiliki fadhilah yang tidak kalah penting.

Mendapat Sidik Ali dan Surga

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa melakukan taqwaf di sekitar Ka’bah sebanyak 7 putaran dan shalat 2 rakaat di belakang Maqam Ibrahim, maka kelak dia akan menjadi orang yang berdampingan dengan Sidik Ali dan kelak dia akan mendapatkan surga." (HR. An Nasai). Dengan melakukan taqwaf, seseorang akan mendapatkan Surat Ali dan Surga.

Ditunaikan Haji

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang melakukan taqwaf di kawasan Ka’bah 7 kali putaran dan melaksanakan 2 rakaat shalat di belakang Maqam Ibrahim, maka seperti haji yang menunaikan umroh dan haji." (HR. Bukhari dan Muslim). Dengan melakukan taqwaf, seseorang akan mendapatkan pahala sebagaimana menunaikan umroh dan haji.

BACA JUGA:   Kata-Kata Ajakan untuk Beribadah Umroh

Diampuni Semua Dosa

Rasulullah SAW bersabda, "Semua penumpahan darah, semua dorongan nafsu, semua pengkhianatan menurut Islam yang lalu diampuni seseorang yang melihat Ka’bah dan berdesakan dengan orang-orang yang memperhatikan dan mencintai Ka’bah." (HR. Bukhari). Dalam hadits ini, terdapat keterangan yang menyatakan bahwa dengan melakukan taqwaf, seseorang dapat diampuni segala dosanya.

Kesimpulan

Dari beberapa fadhilah ibadah-ibadah saat umroh sesuai hadits shahih seperti thawaf, sai, dan taqwaf di atas, maka diharapkan kita dapat semakin memperhatikan dan meningkatkan kualitas dari setiap ibadah yang dilakukan saat umroh. Dengan memahami fadhilah ibadah-ibadah tersebut, kita dapat semakin merasakan keberkahan yang terkandung di dalam setiap ibadah tersebut.