Skip to content
Home » Haji Kecil: Sebuah Kewajiban Ibadah bagi Umat Islam di Tanah Suci

Haji Kecil: Sebuah Kewajiban Ibadah bagi Umat Islam di Tanah Suci

Haji Kecil: Sebuah Kewajiban Ibadah bagi Umat Islam di Tanah Suci

Haji Kecil Adalah Nama Lain dari Haji Umrah

Setiap muslim yang mampu fisik dan keuangannya harus menjalankan ibadah haji umrah. Kegiatan ini sebagai wujud rasa syukur dan pengabdian kepada Allah SWT. Haji umrah terdiri dari haji besar dan haji kecil, di mana haji kecil sering disebut juga sebagai umrah atau minor pilgrimage.

Apa yang Dimaksud dengan Haji Kecil atau Umrah?

Haji kecil merupakan salah satu bentuk ibadah umat Islam yang dilakukan pada bulan-bulan tertentu di luar bulan Zulhijjah. Ritual ini dilakukan dengan mengunjungi Masjidil Haram di kota Makkah dan melakukan tujuh putaran mengelilingi Ka’bah, kemudian melakukan Sai yaitu berlari-lari kecil antara bukit Shafa dan Marwah. Ibadah haji kecil dapat dilakukan kapan saja kecuali pada bulan Dzulhijjah atau bulan haji besar.

Syarat dan Rukun Ibadah Haji Kecil

Sebelum melakukan ibadah haji kecil atau umrah, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh seorang muslim. Syarat umumnya adalah mampu menanggung beban biaya perjalanan umrah sendiri dan keluarga tanpa mengganggu kesejahteraan ekonomi keluarga, sehat jasmani dan rohani, memiliki paspor dan visa, serta memiliki voucher atau paket perjalanan dari travel umrah resmi.

Rukun ibadah haji kecil meliputi Ihram, Tawaf, Sa’i, dan Tahallul. Ihram adalah keadaan suci saat seorang muslim meletakkan kain putih untuk laki-laki dan pakaian lain yang sopan untuk perempuan. Tawaf adalah mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali dengan gerakan searah jarum jam. Sa’i adalah berlari-lari kecil antara bukit Shafa dan Marwa sebanyak tujuh kali, yang mengambil sejarah saat Hajar mencari air untuk bayinya. Tahallul adalah pembebasan dari keadaan ihram dengan mencukur atau memotong rambut kepala.

BACA JUGA:   Haji: Niat, Doa, dan Keutamaan Doa Wakaf di Arafah

Keutamaan Ibadah Haji Kecil atau Umrah

Keutamaan dari ibadah haji kecil atau umrah adalah sangat mulia dan dianggap sebagai doa yang sangat mustajab (dikabulkan). Hal ini dapat mempererat tali persaudaraan umat Islam dan menjalin hubungan yang lebih erat dengan Allah SWT. Selama melakukan ibadah haji kecil, banyak keutamaan yang didapatkan seperti pahala banyak, dosa diampuni, memperoleh kedamaian dan ketenangan hati, dapat meningkatkan keimanan, dan banyak lainnya.

Adapun bagaimana cara melaksanakan ibadah haji kecil tersebut, berikut kami rangkum sebagai langkah-langkahnya:

  1. Berkedudukan di Miqat dan berniat ihram.
  2. Mendandani diri dengan pakaian ihram.
  3. Mengucapkan Talbiah.
  4. Mengunjungi Ka’bah untuk melakukan Tawaf.
  5. Mengerjakan Sa’i/Kesepakatan antara Hajar dan Malaikat.
  6. Melakukan Tahallul/Ukuran bagi kaum yang mengawali dari miqat.
  7. Kembali ke kewajiban seperti biasa.

Melakukan ibadah haji kecil atau umrah adalah suatu kebanggaan bagi seluruh umat Islam. Meski demikian, seorang muslim harus memperhatikan beberapa hal sebelum melakukan ibadah ini agar tidak mengganggu kenyamanan dan keamanan lingkungan sekitarnya. Selain itu, juga disarankan untuk membeli paket travel umrah yang terpercaya, seperti yang sudah mendapatkan sertifikat resmi dari Kementerian Agama.

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi semua umat Islam yang ingin melakukan ibadah haji kecil atau umrah. Kita sebagai muslim harus selalu meningkatkan keimanan dan takwa kepada Allah SWT, mempererat persaudaraan umat Islam, dan menjadi keberkahan bagi sesama. Salam sejatera untuk kita semua.