Skip to content
Home » Hukum Dan Syarat-syarat Melakukan Ibadah Haji Dalam Pandangan Agama Islam

Hukum Dan Syarat-syarat Melakukan Ibadah Haji Dalam Pandangan Agama Islam

Bagaimana hukumnya orang pergi haji?

Use appropriate keywords and phrases in the article, such as ‘Haji’ and ‘Rukun Islam’.

Bagaimana Hukumnya Orang Pergi Haji?

Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib bagi setiap muslim untuk melakukannya jika mereka mampu. Orang yang menjalankan ibadah haji adalah orang yang diberi keutamaan oleh Allah SWT. Sebab, haji tidak hanya mengandalkan keimanan batiniah, namun juga fisik yang kuat.

Kita semua tahu bahwa haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib untuk dilaksanakan. Selain itu, haji juga merupakan ibadah yang disyariatkan oleh Allah SWT. Di dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 158 disebutkan bahwa orang yang telah melaksanakan ibadah haji merupakan salah satu dari orang-orang yang beruntung.

Dalil-Dalil Tuntutan Haji

Dalil pertama yang menuntut haji adalah firman Allah dalam Al-Qur’an surat Al-Haj ayat 27 yang berbunyi: “Dan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang mampu mengadakan perjalanan ke Baitullah.” (QS. Al-Hajj: 27).

Dalil kedua yang menuntut haji adalah hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA yang berbunyi: “Barangsiapa yang telah berumur dan mempunyai kekuatan untuk melakukan haji, namun ia tidak melakukannya, maka ia tidak akan pernah melihat surga.” (HR. Abu Daud).

Dalil ketiga yang menuntut haji adalah hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Jabir bin Abdullah RA yang berbunyi: “Barangsiapa yang melakukan haji, maka ia telah menghapus dosa-dosa yang telah dilakukannya sebelumnya, dan ia akan mendapatkan pahala seperti yang dijanjikan Allah.” (HR. Muslim).

BACA JUGA:   Perkiraan Waktu Keberangkatan Jemaah Haji 2022 Dan Hal Yang Perlu Dipersiapkan

Syarat-Syarat Pergi Haji

Sebelum orang melakukan haji, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Syarat-syarat tersebut adalah:

1. Beriman Kepada Allah dan Rasul-Nya

Orang yang ingin melakukan haji harus beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Ini adalah syarat wajib bagi orang yang ingin melakukan haji.

2. Kekayaan

Orang yang ingin melakukan haji harus memiliki keuangan yang cukup untuk menutupi biaya perjalanan dan biaya ibadah haji yang lainnya.

3. Kesehatan

Orang yang ingin melakukan haji harus sehat secara fisik. Hal ini sangat penting agar orang yang melakukan haji dapat menjalankan ibadahnya dengan sempurna.

4. Keamanan

Orang yang ingin melakukan haji harus merasa aman dan nyaman. Hal ini penting agar orang yang melakukan haji dapat menjalankan ibadahnya dengan lancar.

5. Usia

Orang yang ingin melakukan haji harus berusia di atas 15 tahun dan di bawah 75 tahun. Ini adalah syarat yang ditentukan oleh pemerintah untuk melakukan haji.

Cara Melakukan Haji

Setelah memenuhi syarat-syarat di atas, orang yang ingin melakukan haji harus mengikuti beberapa tahapan berikut:

1. Mempersiapkan Dokumen

Pertama, orang yang ingin melakukan haji harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dokumen-dokumen tersebut meliputi paspor, visa, surat keterangan sehat dari dokter, dan lainnya.

2. Memilih Paket Haji

Kedua, orang yang ingin melakukan haji harus memilih paket haji yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialnya. Ada beberapa paket haji yang tersedia, mulai dari paket haji dasar hingga paket haji premium.

3. Mengikuti Program Haji

Ketiga, orang yang telah memilih paket haji yang sesuai harus mengikuti program haji yang disediakan oleh badan haji atau lembaga haji. Program haji tersebut akan meliputi prosesi-prosesi haji yang harus dilakukan seperti thawaf, sa’i, wukuf, dan lainnya.

BACA JUGA:   Daftar Tunggu Haji Palembang 2019: Panduan dan Tips Penting untuk Anda

4. Mengikuti Program Wisata

Keempat, orang yang melakukan haji harus mengikuti program wisata haji yang disediakan oleh badan haji atau lembaga haji. Program wisata haji ini akan meliputi berbagai kegiatan seperti berziarah ke makam para nabi dan sahabat, berwisata ke tempat-tempat bersejarah, dan lainnya.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib untuk dilaksanakan oleh setiap muslim. Syarat-syarat untuk melaksanakan haji adalah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, kekayaan, kesehatan, keamanan, dan usia. Setelah memenuhi syarat-syarat tersebut, orang yang ingin melakukan haji harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, memilih paket haji yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialnya, mengikuti program haji yang disediakan oleh badan haji atau lembaga haji, dan mengikuti program wisata haji yang disediakan oleh badan haji atau lembaga haji. Dengan melakukan haji sesuai dengan syarat dan tuntutan yang telah disebutkan di atas, maka orang tersebut akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan bagi semua orang yang berusaha untuk melaksanakan ibadah haji. Amin.