Skip to content
Home » Hukum Puasa Sunnah Menjelang Ramadhan

Hukum Puasa Sunnah Menjelang Ramadhan

Puasa sunnah atau puasa yang tidak diwajibkan, namun dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Salah satu jenis puasa sunnah yang sebaiknya dilakukan menjelang Ramadhan adalah puasa enam hari pada bulan Syawal. Puasa ini dikenal sebagai puasa Syawal atau puasa ganti Ramadhan.

Hukum Puasa Syawal

Puasa Syawal memiliki hukum sunnah muakkad yang artinya sangat dianjurkan. Hukum ini berdasarkan hadis dari Abu Ayyub al-Anshari:

“Rasulullah SAW bersabda, barangsiapa berpuasa pada Bulan Ramadhan kemudian diikuti puasa enam hari pada bulan Syawal, maka seolah-olah dia berpuasa sepanjang tahun.” (HR Muslim)

Dari hadis ini jelas bahwa puasa Syawal sangat dianjurkan untuk dilakukan setelah berpuasa pada bulan Ramadhan. Puasa Syawal juga dianggap sebagai bentuk syukur atas nikmat Ramadhan yang telah dilalui dan menjadi sarana untuk melatih diri dalam mengendalikan nafsu.

Keutamaan Puasa Syawal

Puasa Syawal memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah:

  1. Membantu melatih diri untuk menjaga kesabaran dan kedisiplinan dalam berpuasa.
  2. Mendapatkan pahala besar seolah-olah berpuasa sepanjang tahun.
  3. Membuat seseorang semakin dekat dengan Allah SWT karena melakukan amalan sunnah yang dianjurkan.
  4. Menjadikan diri semakin kuat dan sehat secara fisik karena melatih diri untuk menahan lapar dan haus secara teratur.

Tips Puasa Syawal

Agar puasa Syawal bisa dilaksanakan dengan lancar dan optimal, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, antara lain:

  1. Jangan lewatkan sahur atau makan sahur secara teratur karena makan sahur dapat membantu tubuh mendapatkan energi yang cukup untuk beraktivitas.
  2. Hindari makanan yang berlemak atau terlalu pedas karena dapat memengaruhi kesehatan tubuh dan menyebabkan rasa tidak nyaman saat berpuasa.
  3. Beristirahat cukup dan menghindari aktivitas yang berat agar tidak merasa lelah saat berpuasa.
  4. Lakukan aktivitas yang bermanfaat seperti membaca Al-Quran atau melakukan ibadah lainnya untuk mendapatkan pahala yang lebih besar.
BACA JUGA:   Puasa Ramadhan Jatuh pada Tanggal - Keluarga Muslim di Seluruh Dunia Memulai Ibadah Puasa

Kesimpulan

Puasa Syawal merupakan salah satu bentuk puasa sunnah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Melakukan puasa ini setelah berpuasa pada bulan Ramadhan memiliki banyak keutamaan dan manfaat, seperti mendapatkan pahala besar dan melatih diri untuk lebih disiplin dalam berpuasa. Agar puasa Syawal berjalan lancar, diperlukan tips yang tepat seperti makan sahur secara teratur dan beristirahat yang cukup.