Skip to content
Home » Ibadah Haji dan Umrah yang Dilakukan secara Bersama-sama Disebut

Ibadah Haji dan Umrah yang Dilakukan secara Bersama-sama Disebut

Ibadah haji dan umrah merupakan ibadah yang sangat penting bagi umat muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Kedua jenis ibadah ini dilakukan di dua tempat suci di Mekah, Saudi Arabia, yaitu Masjid Al-Haram dan Masjid Nabawi.

Kedua jenis ibadah ini sering dilakukan secara bersama-sama oleh banyak orang. Kegiatan ini disebut dengan istilah Ibadahtour. Ibadahtour merupakan perjalanan religius baik dalam bentuk haji maupun umrah, yang dilakukan bersama-sama sebagai suatu kelompok atau rombongan.

Dalam Ibadahtour, peserta biasanya akan ditemani oleh seorang travel agent atau tour leader yang akan memandu selama perjalanan. Selain itu, transportasi, akomodasi, dan makanan juga sudah disiapkan oleh penyelenggara Ibadahtour.

Ibadahtour memberikan banyak manfaat bagi peserta, antara lain:

  • Membantu peserta dalam memahami dan memperdalam pengetahuan tentang Islam.
  • Mempererat tali silaturahmi antara peserta dan juga antara peserta dengan penyelenggara Ibadah Tour.
  • Memberikan kesempatan bagi peserta untuk bertemu dengan orang-orang dari berbagai negara yang memiliki budaya, kebiasaan, dan bahasa yang berbeda.
  • Memberikan pengalaman spiritual yang mendalam hingga bisa merubah kehidupannya.

Dalam Ibadah haji, kita harus mengikuti rangkaian ibadah yang telah ditetapkan. Rangkaian ibadah ini berlangsung selama beberapa hari, dimulai dari tanggal 8 Dzulhijah hingga 12 Dzulhijah. Beberapa rangkaian ibadah dalam haji meliputi:

  1. Ihram
  2. Thawaf
  3. Sa’i
  4. Waqof di Arafah
  5. Mabit di Mina
  6. Melempar jumrah

Sedangkan dalam Ibadah umrah, beberapa rangkaian ibadah yang perlu dilakukan adalah:

  1. Ihram
  2. Tawaf
  3. Sa’i
  4. Tahallul

Kedua jenis ibadah ini mempunyai syarat dan rukun tersendiri yang harus dipatuhi oleh para peserta. Syarat dan rukun tersebut meliputi aspek fisik, mental, dan finansial. Oleh karena itu, persiapan sebelum melakukan ibadah haji maupun umrah merupakan hal yang sangat penting.

BACA JUGA:   Ibadah Haji Berapa Hari: Semua yang Perlu Diketahui

Dalam persiapan ibadah haji ataupun umrah, kita perlu menjaga kesehatan tubuh. Jika kita memiliki sakit tertentu, perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar dapat memperoleh obat yang sesuai dan dapat membantu mempermudah pelaksanaan ibadah.

Selain itu, kita juga harus mempersiapkan fisik untuk menghadapi iklim di Mekah yang sangat panas dan kering. Kita perlu mempersiapkan pakaian yang sesuai dengan iklim tersebut.

Penyelenggara Ibadahtour biasanya memberikan informasi yang lengkap mengenai persiapan yang perlu dilakukan sebelum keberangkatan. Peserta juga akan diberikan motivasi dan pembekalan sebelum menjalankan rangkaian ibadah yang telah diatur.

Dalam Ibadah Tour, peserta tidak hanya melakukan ibadah haji maupun umrah saja. Peserta juga mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang ada di Mekah, Saudi Arabia. Salah satunya adalah mengunjungi Maqam Ibrahim di Masjidil Haram.

Dalam Ibadah Tour juga terdapat acara-acara yang sangat menarik, seperti buka puasa bersama, performa seni, dan yang paling sering dilakukan adalah halal bihalal usai ibadah tour.

Tentunya, kegiatan-kegiatan tersebut dapat meningkatkan kedekatan antar peserta dan membuat ibadah tour ini menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Kesimpulan

Ibadahtour merupakan perjalanan religius yang dilakukan bersama-sama sebagai suatu kelompok atau rombongan. Kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi peserta, seperti memahami dan memperdalam pengetahuan tentang Islam dan mempererat tali silaturahmi.

Sementara itu, ibadah haji dan umrah merupakan ibadah yang sangat penting bagi umat muslim di seluruh dunia. Kedua jenis ibadah ini sering dilakukan secara bersama-sama oleh banyak orang. Persiapan yang matang sebelum melakukan kedua jenis ibadah ini merupakan hal yang sangat penting untuk menjalankan rangkaian ibadah yang telah diatur dengan baik.

Bagi Anda yang ingin melakukan Ibadah haji ataupun umrah, disarankan untuk melakukan Ibadahtour agar dapat memperoleh pengalaman spiritual yang mendalam serta memperoleh manfaat-manfaat lain yang telah disebutkan di atas.

BACA JUGA:   Biaya Daftar Haji 2019 Cirebon