Skip to content
Home ยป Ibadah Haji dengan Cara Tamattu: Panduan Lengkap

Ibadah Haji dengan Cara Tamattu: Panduan Lengkap

Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang dilakukan setiap tahun oleh umat Muslim yang mampu secara finansial dan fisik. Ibadah haji terdiri dari beberapa jenis, salah satunya adalah haji tamattu. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail tentang ibadah haji dengan cara tamattu, panduan langkah demi langkah, dan informasi lainnya yang berguna.

Apa itu Haji Tamattu?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang ibadah haji tamattu, mari kita bahas terlebih dahulu tentang pengertian haji itu sendiri. Haji adalah ibadah yang diwajibkan bagi setiap umat Muslim yang mampu secara finansial dan fisik untuk melaksanakannya. Haji dilakukan di kota Mekkah, dan umat Muslim dari seluruh dunia berkumpul di sana untuk menjalankan ibadah ini.

Haji tamattu adalah salah satu jenis haji yang dilakukan dengan cara berihram pada saat kedatangan di Mekkah, kemudian menunaikan umrah sebelum memulai pelaksanaan haji. Setelah menyelesaikan umrah, para jamaah akan melepas pakaian ihram dan kembali mengenakan pakaian biasa. Setelah itu, mereka dapat kembali melakukan aktivitas sehari-hari sambil menunggu waktu haji dimulai.

Persyaratan untuk Melakukan Haji Tamattu

Sebelum memulai perjalanan ke Mekkah untuk menjalankan ibadah haji tamattu, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon jamaah. Beberapa syarat yang perlu dipenuhi antara lain:

  1. Islam: Calon jamaah harus beragama Islam.
  2. Akal sehat: Calon jamaah harus memiliki akal sehat dan mampu dalam hal keuangan dan fisik.
  3. Baligh: Calon jamaah harus telah mencapai usia baligh.
  4. Bebas dari haidh dan nifas: Calon jamaah wanita harus tidak sedang dalam masa haidh atau nifas.
  5. Ijazah pelaksanaan haji: Calon jamaah harus memiliki izin dari pihak yang berwenang untuk melakukan ibadah haji.
BACA JUGA:   Daftar Tunggu Haji 2017 Jawa Tengah

Panduan Melakukan Ibadah Haji Tamattu

Setelah memenuhi syarat-syarat yang diperlukan, calon jamaah dapat memulai perjalanan ke Mekkah untuk melakukan haji tamattu. Berikut beberapa panduan langkah demi langkah untuk melaksanakan ibadah haji tamattu:

1. Berihram

Berihram adalah proses dimulainya ibadah haji. Calon jamaah akan mengenakan pakaian ihram yang terdiri dari dua helai kain putih yang dijahit bersama di beberapa bagian. Pakaian ihram ini harus dipakai sejak calon jamaah meninggalkan tempat tinggal dan harus dipakai kembali setelah menyelesaikan ibadah haji.

2. Tawaf dan Sa’i

Setelah berihram, calon jamaah akan melakukan tawaf di Ka’bah. Tawaf adalah mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali dengan arah searah jarum jam. Setelah menyelesaikan tawaf, calon jamaah akan melakukan sa’i di antara bukit Safa dan Marwah. Sa’i adalah berlari-lari kecil sebanyak tujuh kali antara bukit Safa dan Marwah.

3. Mabit di Mina

Setelah menyelesaikan tawaf dan sa’i, para calon jamaah akan menuju Mina dan menginap di sana selama satu atau dua malam. Mabit di Mina adalah salah satu ritual dalam ibadah haji tamattu.

4. Arafah

Setelah mabit di Mina, calon jamaah akan menuju Arafah. Arafah adalah salah satu tempat puncak dalam ibadah haji tamattu, di mana para jamaah berdiri di bawah sinar matahari dengan pakaian ihram dan berdoa kepada Allah SWT.

5. Muzdalifah

Setelah selesai di Arafah, calon jamaah akan menuju Muzdalifah dan menginap di sana selama satu malam. Di Muzdalifah, para jamaah akan mengumpulkan batu kerikil sebanyak 49 butir untuk digunakan dalam ritual berikutnya.

6. Mina (Lapangan Jumroh)

Setelah mengumpulkan batu di Muzdalifah, para jamaah akan menuju Lapangan Jumroh di Mina. Di sana, mereka akan melempar jumrah, yaitu melempar batu pada tiga tiang kecil yang mewakili setan. Setelah selesai melempar, jamaah akan membayar dam (tebusan) dan memotong rambut.

BACA JUGA:   Vitamin untuk Ibadah Haji

7. Tawaf Ifadah

Setelah melempar jumrah, para jamaah akan menuju Ka’bah untuk melakukan tawaf Ifadah, yaitu tawaf ketika kembali dari Mina. Tawaf Ifadah dilakukan dengan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. Setelah selesai tawaf Ifadah, para jamaah akan melakukan sa’i di antara bukit Safa dan Marwah sebanyak tujuh kali.

8. Tertib (Tahallul)

Setelah menyelesaikan tawaf Ifadah dan sa’i, calon jamaah akan melepas pakaian ihram dan kembali mengenakan pakaian biasa. Tertib atau tahallul ini menandakan selesainya pelaksanaan ibadah haji tamattu.

Kesimpulan

Ibadah haji tamattu merupakan salah satu jenis haji yang dilakukan dengan cara menunaikan umrah sebelum memulai pelaksanaan haji. Sebelum melakukan haji tamattu, calon jamaah harus memenuhi beberapa persyaratan yang diperlukan. Selain itu, ada beberapa panduan langkah demi langkah yang harus diikuti dalam pelaksanaan haji tamattu, termasuk berihram, tawaf, sa’i, mabit di Mina, Arafah, Muzdalifah, lempar jumrah, tawaf Ifadah, dan tertib.

Dengan mengikuti panduan yang telah dijelaskan di atas, para jamaah dapat melaksanakan ibadah haji tamattu secara sempurna dan meraih berkah dari Allah SWT. Semoga artikel ini dapat menjadi panduan yang bermanfaat bagi siapa saja yang ingin melakukan ibadah haji tamattu.