Skip to content
Home » Ibadah Haji: Rukun Islam yang Ke Berapa?

Ibadah Haji: Rukun Islam yang Ke Berapa?

Pendahuluan

Salah satu rukun Islam adalah melakukan ibadah haji. Ibadah haji dilakukan setahun sekali oleh umat Muslim dari seluruh dunia yang memenuhi syarat. Ibadah haji merupakan salah satu kewajiban bagi umat Muslim. Setiap Muslim yang mampu secara fisik, finansial, dan kejiwaan diwajibkan untuk melaksanakan ibadah haji. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang ibadah haji dan rukun Islam yang ke berapa.

Apa itu Ibadah Haji?

Ibadah haji adalah perjalanan ke kota suci Mekkah untuk menunaikan serangkaian amalan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Selain wajib, ibadah haji juga merupakan salah satu amalan yang paling mulia dalam Islam. Setiap Muslim yang mampu harus mengunjungi Mekkah setidaknya sekali dalam hidupnya untuk menunaikan ibadah haji. Ibadah haji bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antar umat Muslim dan mempererat hubungan antara manusia dan Allah SWT.

Rukun Islam yang Ke Berapa?

Ibadah haji terdiri dari lima rukun, yaitu:

1. Ihram

Ihram adalah rukun pertama dalam ibadah haji. Saat memasuki ihram, para jamaah diwajibkan untuk memakai pakaian khusus yang terdiri dari dua lembar kain putih yang menutupi tubuh dari bahu hingga mata kaki. Para jamaah diwajibkan untuk mempertahankan keadaan ihram hingga selesai melakukan ibadah haji.

2. Tawaf

Tawaf adalah rukun kedua dalam ibadah haji. Tawaf merupakan rangkaian perputaran mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali mengikuti arah putaran searah jarum jam. Tawaf dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan pengagungan terhadap Allah SWT.

BACA JUGA:   Balasan Haji Mabrur Berdasarkan Hadist

3. Sa’i

Sa’i adalah rukun ketiga dalam ibadah haji. Sa’i dilakukan dengan bersepeda atau berjalan kaki antara bukit Safa dan Marwah sebanyak tujuh kali. Perjalanan ini mengingatkan kita pada perjuangan Siti Hajar mencari air di padang gurun.

4. Wuquf di Arafah

Wuquf di Arafah adalah rukun keempat dalam ibadah haji. Janah ini dilakukan dengan berdiri dan berdoa di Arafah selama setengah hari, mulai dari Dzuhur hingga Matahari Terbenam. Wuquf di Arafah merupakan kesempatan bagi para jamaah untuk bertaqwa, merenung, dan memperdalam hubungan dengan Allah SWT.

5. Tertib dalam Ibadah-ibadah Lainnya

Rukun kelima dalam ibadah haji adalah memperhatikan tertib dalam ibadah-ibadah lainnya. Para jamaah diwajibkan untuk mengikuti rangkaian ibadah dengan benar dan baik serta memperhatikan adab dalam bergaul.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang ibadah haji dan rukun Islam yang ke berapa. Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang paling mulia serta diwajibkan bagi setiap Muslim yang mampu. Ibadah haji terdiri dari lima rukun, yaitu ihram, tawaf, sa’i, wuquf di Arafah, dan tertib dalam ibadah-ibadah lainnya. Dengan menunaikan ibadah haji, kita mempererat tali persaudaraan antar umat Muslim dan mempererat hubungan antara manusia dan Allah SWT. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.