Skip to content
Home » Ibadah Haji Tarwiyah Adalah Dilakukan di Mana dan Kapan Saja

Ibadah Haji Tarwiyah Adalah Dilakukan di Mana dan Kapan Saja

Ibadah haji tarwiyah adalah bagian penting dari ibadah haji yang sering dilakukan oleh para jamaah haji di Mekkah. Ibadah haji tarwiyah dilakukan pada tanggal 8 Dzulhijjah atau pada malamnya. Pada ibadah ini, para jamaah haji diwajibkan untuk mengenakan pakaian ihram dan mempersiapkan diri untuk melaksanakan ibadah haji secara penuh pada hari-hari selanjutnya. Kegiatan ini menjadi sangat penting bagi para jamaah haji karena merupaakan awal dari ibadah haji yang sebenarnya.

Lokasi Pelaksanaan Ibadah Haji Tarwiyah

Ibadah haji tarwiyah dilakukan di Mina, yang terletak sekitar 5 kilometer sebelah timur dari Mekkah. Lokasi ini memiliki arti penting karena para nabi yang terdahulu telah melaksanakan ibadah di sana sebelum ke Mekkah. Selain itu, ada juga beberapa hadis yang menjelaskan betapa pentingnya Mina sebagai tempat beribadah.

Pengertian Ibadah Haji Tarwiyah

Ibadah haji tarwiyah memiliki makna "memberi minum" atau "menyiram", hal ini merujuk pada kegiatan para jamaah haji yang dipersiapkan untuk melakukan ibadah haji selama beberapa hari ke depan. Selama perjalanan menuju Mina, para jamaah haji akan membawa air untuk disiram di jalan-jalan yang dilalui. Kegiatan ini menjadi sangat penting karena melambangkan persiapan dan kesediaan jamaah haji dalam melaksanakan ibadah haji.

Kapan Waktu Pelaksanaan Ibadah Haji Tarwiyah

Ibadah haji tarwiyah dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah, yaitu sehari sebelum hari wukuf di Arafah. Artinya, para jamaah haji akan membawa bekal air dan berjalan menuju Mina pada sore hari tanggal 7 Dzulhijjah dan kemudian melakukan ibadah haji tarwiyah pada hari berikutnya.

BACA JUGA:   Ciri Utama Haji Mabrur

Doa yang Dibaca pada Ibadah Haji Tarwiyah

Selain beberapa kegiatan seperti menyiram air, para jamaah haji juga melakukan doa-doa khusus pada ibadah haji tarwiyah. Doa ini menjadi sangat penting karena membantu para jamaah haji memperkuat iman dan mewujudkan tujuan utama dari ibadah haji. Doa yang biasa dibaca pada ibadah haji tarwiyah meliputi:

  • Tahlil, yaitu mengucapkan kalimat "La ilaha illallah"
  • Takbir, yaitu mengucapkan kalimat "Allahu Akbar"
  • Tasbih, yaitu mengucapkan kalimat "Subhanallah"
  • Tahmid, yaitu mengucapkan kalimat "Alhamdulillah"

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang ibadah haji tarwiyah, termasuk lokasi, pengertian, waktu pelaksanaan, dan doa yang dibaca pada ibadah tersebut. Ibadah haji tarwiyah menjadi sangat penting bagi para jamaah haji karena merupaakan awal dari ibadah haji yang sebenarnya. Dengan memahami semua hal yang berkaitan dengan ibadah haji tarwiyah, para jamaah haji akan dapat melaksanakan ibadah dengan lebih baik dan khusyuk sesuai dengan ajaran Islam.