Skip to content
Home ยป Ibadah Qurban Dilakukan Sehari Setelah Ritual Haji Yaitu

Ibadah Qurban Dilakukan Sehari Setelah Ritual Haji Yaitu

Haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap umat muslim yang telah berkemampuan. Setelah menunaikan ibadah haji, ada satu ibadah lagi yang harus dilakukan yaitu ibadah qurban.

Ibadah qurban dilaksanakan pada hari raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah pada kalender hijriyah. Di dalam ibadah qurban, umat muslim wajib menyembelih hewan kurban, kemudian dagingnya dibagikan kepada yang membutuhkan.

Namun, sebagian orang masih salah kaprah dengan menganggap bahwa ibadah qurban dilaksanakan saat hari raya Idul Adha. Padahal, ibadah qurban dilakukan sehari setelah ritual haji yaitu pada tanggal 11 Dzulhijjah.

Ibadah qurban memiliki keutamaan baik dari segi agama maupun sosial. Secara agama, ibadah qurban dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah dan menunjukkan ketaatan pada perintah-Nya. Sedangkan secara sosial, ibadah qurban menjadi sarana bagi umat muslim untuk saling berbagi dan berempati kepada sesama yang membutuhkan.

Selain itu, dalam ibadah qurban terdapat ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi agar ibadah tersebut benar dan sah di sisi Allah. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Hewan kurban harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan, seperti jenis, umur, dan kondisi fisiknya.

  2. Pembagian daging kurban dilakukan dengan merata dan berkeadilan, tidak boleh ada diskriminasi antara satu pihak dengan yang lain.

  3. Daging kurban harus diberikan kepada yang membutuhkan, seperti fakir miskin, yatim piatu, dan janda.

  4. Dalam pembagian daging kurban, umat muslim dianjurkan untuk tidak menyebarluaskan kegiatan tersebut ke media sosial atau orang yang tidak berhak menerima.

Kesimpulannya, ibadah qurban merupakan ibadah yang tidak boleh dilewatkan oleh setiap umat muslim yang telah berkemampuan. Ibadah ini memiliki makna yang dalam baik dari segi agama maupun sosial, sehingga perlu dipahami dengan benar dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

BACA JUGA:   Tata Cara Ibadah Haji, Wakaf, Zakat, Beserta Dalilnya

Mari kita memperbanyak ibadah qurban dan saling berempati serta berbagi kepada sesama. Semoga amal ibadah yang kita lakukan menambah keberkahan, meningkatkan ketaqwaan, dan mendapatkan ridha Allah SWT.