Skip to content
Home » Informasi Daftar Haji 2019: Persyaratan, Biaya, dan Jadwal

Informasi Daftar Haji 2019: Persyaratan, Biaya, dan Jadwal

Haji adalah salah satu rukun Islam yang harus dilaksanakan oleh umat muslim yang mampu secara finansial dan fisik. Setiap tahun, ribuan orang dari seluruh dunia mempersiapkan diri untuk pergi ke tanah suci Mekkah untuk menunaikan ibadah haji. Untuk dapat berhaji, seseorang perlu mendaftar terlebih dahulu melalui proses yang cukup panjang dan memerlukan persyaratan tertentu.

Secara resmi, pendaftaran haji 2019 telah dibuka pada tanggal 15 Januari 2019 dan akan berakhir pada tanggal 25 Februari 2019. Namun, sangat disarankan untuk segera mendaftar karena kuota pendaftaran haji dapat segera terpenuhi.

Persyaratan Pendaftaran Haji 2019

Untuk dapat mendaftar haji pada tahun 2019, seseorang harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Warga negara Indonesia
  • Berusia minimal 18 tahun pada saat pendaftaran
  • Telah memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP)
  • Dalam keadaan sehat secara fisik dan mental
  • Tidak pernah menunaikan haji sebelumnya
  • Tidak terdaftar sebagai anggota haji khusus, seperti haji Plus atau haji reguler non-kuota
  • Mampu secara finansial untuk membayar biaya haji

Biaya Haji

Biaya haji 2019 telah diatur dan disetujui oleh Pemerintah Republik Indonesia dan bisa berbeda-beda setiap tahunnya. Biaya haji untuk tahun 2019 adalah sebesar Rp35 juta untuk wilayah asal Jadetabek dan Rp42,5 juta untuk wilayah asal luar Jadetabek. Harga tersebut belum termasuk biaya tambahan seperti perlengkapan ibadah dan biaya tiket pesawat.

Jadwal Haji

Jadwal haji 2019 telah dirilis dan terdapat empat tahapan utama dalam pelaksanaannya, yaitu:

  1. Tahap Persiapan: Tahap ini dimulai dari tanggal 20 Juni 2019 hingga 4 Agustus 2019. Di tahap ini, jamaah akan mengikuti pelatihan yang berkaitan dengan ibadah haji dan persiapan lainnya.
  2. Tahap Wukuf: Tahap ini dimulai pada tanggal 9 Dzulhijjah (10 Agustus 2019) di Padang Arafah. Momen ini merupakan inti dari ibadah haji ketika jamaah berdiri di Padang Arafah dan bermunajat kepada Allah SWT.
  3. Tahap Mabit: Tahap ini dimulai setelah wukuf dan berlangsung di Mina. Jamaah akan bermalam di Mina pada tanggal 11-12 Dzulhijjah (12-13 Agustus 2019).
  4. Tahap Tasyriq: Tahap ini dimulai pada tanggal 13 Dzulhijjah hingga 16 Dzulhijjah (14-17 Agustus 2019) dan merupakan tahap terakhir dari pelaksanaan ibadah haji. Jamaah akan mengikuti rangkaian acara yang berkaitan dengan penyembelihan hewan kurban hingga menyelesaikan sa’i di Mina.
BACA JUGA:   Tiga Cara Melakukan Ibadah Haji

Kesimpulan

Mendaftar haji memang memerlukan persiapan yang matang dan cukup memakan waktu. Namun, dengan melaksanakan ibadah haji, umat muslim dapat mendapatkan pahala yang besar dan merasa lebih dekat dengan Allah SWT. Oleh karena itu, bagi anda yang memenuhi persyaratan dan mampu secara finansial, segera daftarkan diri anda untuk menunaikan ibadah haji di tahun 2019 ini. Jangan lewatkan kesempatan yang ada dan tetap perhatikan informasi terbaru seputar haji untuk persiapan yang lebih baik.