Skip to content
Home » Ini Daftar Barang Yang Harus Dibawa Saat Ibadah Haji

Ini Daftar Barang Yang Harus Dibawa Saat Ibadah Haji

Apa saja yang harus dibawa saat ibadah haji?

Apa saja yang harus dibawa saat ibadah haji?

Dokumen dan Tiket

Paspor dan tiket merupakan barang paling penting yang harus dibawa saat berhaji. Paspor harus masih berlaku dan memiliki sisa masa berlaku minimal satu tahun dari tanggal keberangkatan. Karbon tiket penerbangan juga harus dibawa, jangan lupa untuk mengecek kembali informasi seperti tanggal, destinasi dan maskapai.

Selain itu, juga ada beberapa dokumen lain yang wajib dibawa saat berhaji, yaitu kartu haji, asuransi Haji Plus, dan buku panduan haji. Kartu haji bisa didapatkan di Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kantor Wilayah Kemenag) sebagai bukti bahwa Anda telah mendaftar haji. Asuransi Haji Plus ditujukan untuk perlindungan pribadi selama berhaji, dan buku panduan haji berisi informasi penting seperti rute perjalanan, arti haji, syarat dan dokumen yang dibutuhkan.

Alquran dan Buku Pedoman Haji

Alquran adalah kitab suci umat Islam dan merupakan barang yang harus selalu dibawa saat berhaji sebagai panduan. Selain itu, buku panduan haji juga harus dibawa untuk membaca informasi seputar haji dan doa-doa yang dibutuhkan saat berhaji.

Pakaian Ihram Cadangan

Saat ibadah haji, Anda wajib memakai pakaian ihram. Ihram adalah pakaian khusus yang dikenakan saat berhaji. Ihram harus terdiri dari dua lembar kain putih yang dikenakan sebagai sarung dan selendang. Ihram dikenakan di Miqat, tempat di mana pembuatan niat haji dilakukan.

Karena itu, wajib membawa pakaian ihram cadangan untuk menggantikan pakaian yang telah basah kuyup atau rusak. Jangan lupa untuk membawa sepatu yang nyaman untuk berjalan kaki saat berhaji.

Botol Minum dan Camilan

Selama berhaji, Anda akan banyak berjalan kaki. Untuk itu, penting untuk membawa air minum yang cukup untuk menjaga kesehatan. Botol minum bisa dibeli di toko-toko di sekitar Masjidil Haram. Jangan lupa untuk membawa camilan sebagai makanan ringan saat berhaji.

BACA JUGA:   Bolehkah berhubungan intim saat haji?

Perlengkapan Darurat

Ada beberapa perlengkapan darurat yang harus dibawa saat berhaji, seperti obat-obatan pribadi, obat cair untuk kegatalan, obat anti alergi, obat demam, obat sakit kepala, obat antibiotik, obat mual, obat diare, obat untuk mata, obat untuk gigi, obat untuk batuk, obat untuk sariawan, pembalut, kapas, dan sebagainya. Jangan lupa untuk membawa masker dan handsanitizer untuk keamanan diri.

Itulah beberapa barang yang harus dibawa saat berhaji. Dengan mempersiapkan barang-barang tersebut dengan baik, maka haji Anda akan berjalan dengan lancar. Bersiap-siaplah untuk merasakan pengalaman yang tak terlupakan.