Skip to content
Home » Ini Dia Daftar Larangan Saat Menunaikan Ibadah Haji Yang Perlu Kita Ketahui

Ini Dia Daftar Larangan Saat Menunaikan Ibadah Haji Yang Perlu Kita Ketahui

Apa saja yang dilarang saat haji?

Apa saja yang dilarang Ketika Haji?

Haji adalah salah satu ibadah yang diwajibkan oleh agama Islam. Ibadah haji ini merupakan salah satu tiang agama dan diperintahkan oleh Allah SWT. Oleh sebab itu, ketika melaksanakan ibadah haji, kita harus mengetahui tentang berbagai aturan dan larangan yang harus dijalankan. Di bawah ini adalah beberapa hal yang dilarang ketika melakukan ibadah haji:

Memakai Pakaian Berjahit

Untuk laki-laki, salah satu hal yang dilarang ketika melakukan ibadah haji adalah memakai pakaian yang berjahit. Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, yang menyatakan bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda: “Tidak ada seorang pun yang berhaji atau umrah dengan memakai pakaian yang berjahit, kecuali ia telah melakukan dosa.”

Karena itu, para jamaah haji dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang tidak berjahit ketika melakukan ibadah haji. Selain itu, jamaah haji disarankan untuk memakai pakaian berwarna putih, karena hal ini dianjurkan oleh Nabi Muhammad Saw.

Memotong atau Mencabut Rambut atau Bulu-bulu

Selain memakai pakaian yang berjahit, jamaah haji juga dilarang untuk memotong atau mencabut rambut atau bulu-bulu. Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, yang menyatakan bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda: “Tidak seorang pun yang berhaji atau umrah yang memotong atau mencabut rambut atau bulu-bulu, kecuali ia telah melakukan dosa.”

Karena itu, para jamaah haji dianjurkan untuk tidak memotong atau mencabut rambut atau bulu-bulu mereka ketika melakukan ibadah haji.

BACA JUGA:   Makalah Agama Islam Tentang Ibadah Haji

Memotong Kuku

Selanjutnya, jamaah haji juga dilarang untuk memotong kuku. Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, yang menyatakan bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda: “Tidak seorang pun yang berhaji atau umrah yang memotong kuku, kecuali ia telah melakukan dosa.”

Karena itu, para jamaah haji disarankan untuk tidak memotong kuku mereka ketika melakukan ibadah haji.

Memakai Wangi-wangian

Selain memotong kuku, jamaah haji juga dilarang untuk memakai wangi-wangian. Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, yang menyatakan bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda: “Tidak seorang pun yang berhaji atau umrah yang memakai wangi-wangian, kecuali ia telah melakukan dosa.”

Karena itu, para jamaah haji disarankan untuk tidak memakai wangi-wangian ketika melakukan ibadah haji.

Membunuh Binatang Buruan atau Menyakitinya

Selain itu, jamaah haji juga dilarang untuk membunuh binatang buruan atau menyakitinya. Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, yang menyatakan bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda: “Tidak seorang pun yang berhaji atau umrah yang membunuh binatang buruan atau menyakitinya, kecuali ia telah melakukan dosa.”

Karena itu, para jamaah haji disarankan untuk tidak membunuh binatang buruan atau menyakitinya ketika melakukan ibadah haji.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa hal yang dilarang ketika melakukan ibadah haji. Hal-hal tersebut adalah memakai pakaian yang berjahit bagi laki-laki, memotong atau mencabut rambut atau bulu-bulu, memotong kuku, memakai wangi-wangian, dan membunuh binatang buruan atau menyakitinya, kecuali binatang yang membahayakan. Oleh sebab itu, para jamaah haji disarankan untuk mengetahui dan mematuhi larangan-larangan tersebut agar ibadah haji mereka dapat dilaksanakan dengan baik.