Skip to content
Home » Ini Dia Jadwal Kloter Pertama Haji 2021: Pergi Ke Tanah Suci Dalam Kondisi Pandemi

Ini Dia Jadwal Kloter Pertama Haji 2021: Pergi Ke Tanah Suci Dalam Kondisi Pandemi

Kapan kloter pertama haji berangkat?

Kapan Kloter Pertama Haji Berangkat?

Berdasarkan informasi yang diberikan oleh Tribratanews.polri.go.id – Jakarta, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengumumkan jadwal kloter pemberangkatan calon jamaah haji di 2023. Kloter pertama yang berangkat ke Madinah rencananya dimulai pada tanggal 24 Mei 2023.

Mulai dari tahun 2023, kloter pertama haji akan berangkat tiga bulan lebih awal dari jadwal sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko penularan COVID-19 dan meningkatkan keselamatan para jamaah haji. Selain itu, pemerintah juga telah mengambil langkah-langkah lain untuk memastikan bahwa para jamaah haji aman dan terlindungi dari berbagai risiko yang mungkin timbul.

Prosedur Kloter Pertama Haji

Ada beberapa prosedur yang harus dilakukan oleh calon jamaah haji sebelum berangkat. Pertama, calon jamaah harus melakukan pendaftaran untuk mengikuti program haji. Pendaftaran dapat dilakukan di kantor cabang Bank Mandiri atau di Kantor Kementerian Agama terdekat. Setelah pendaftaran selesai, calon jamaah harus mengumpulkan semua persyaratan haji dan mengirimkannya kepada Kementerian Agama. Persyaratan yang harus dikumpulkan meliputi bukti kesehatan dan asuransi kesehatan.

Kedua, calon jamaah haji harus mengikuti pelatihan haji yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang protokol keselamatan yang harus diikuti, agar para jamaah haji bisa beribadah dengan aman. Pelatihan haji ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang ajaran agama, budaya, dan etika yang berlaku di Arab Saudi.

Ketiga, calon jamaah haji harus melakukan pemeriksaan medis di klinik yang telah ditunjuk oleh Kementerian Agama. Pemeriksaan medis ini bertujuan untuk memastikan bahwa para jamaah haji memiliki kesehatan yang baik sebelum melanjutkan perjalanan haji. Setelah semua persyaratan haji terpenuhi, calon jamaah haji akan mendapatkan nomor haji yang harus dicantumkan di dokumen pribadi.

BACA JUGA:   Daftar Kepangkatan Jamaah Haji dengan No Porsi 113703741

Keempat, calon jamaah harus melakukan persiapan sebelum berangkat. Persiapan ini meliputi persiapan mental, misalnya membaca Al Qur’an, mempelajari ajaran agama, dan mempersiapkan pakaian haji. Selain itu, para jamaah juga harus mempersiapkan perlengkapan pribadi dan dokumen perjalanan sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh Kementerian Agama.

Kelima, calon jamaah haji harus melakukan check-in di bandara untuk mendapatkan boarding pass. Setelah check-in, para jamaah akan diberikan informasi tentang penerbangan dan rute perjalanan. Selanjutnya, para jamaah akan berangkat menuju Madinah untuk melaksanakan perjalanan ibadah haji.

Kesimpulan

Kloter Haji pertama pada tahun 2023 akan dimulai pada tanggal 24 Mei. Untuk dapat berangkat, calon jamaah harus melakukan beberapa prosedur, mulai dari pendaftaran, pelatihan haji, pemeriksaan medis, persiapan, dan check-in di bandara. Selain itu, para jamaah juga harus mematuhi semua protokol keselamatan yang telah ditentukan oleh Kementerian Agama demi menjamin keamanan para jamaah haji.