Skip to content
Home » Istilah dalam Ibadah Haji

Istilah dalam Ibadah Haji

Seperti halnya ibadah-ibadah lainnya, ibadah haji juga memiliki berbagai istilah dan tata cara yang harus dipahami oleh para jemaahnya. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara rinci tentang istilah-istilah penting dalam ibadah haji.

Ihram

Ihram merupakan seruan yang diberikan kepada jemaah haji untuk membatasi aktivitas sehari-hari mereka dan memusatkan perhatian mereka pada ibadah haji. Ihram berkaitan dengan pakaian khusus yang harus dikenakan oleh para jemaah, yaitu kain lebar yang terdiri dari dua bagian dan tidak memiliki jahitan. Jemaah yang mengenakan ihram diharuskan untuk mematuhi aturan-aturan tertentu, seperti tidak memotong kuku, tidak bercukur, dan tidak membunuh hewan.

Mina

Mina merupakan daerah perkemahan yang terletak di luar kota Makkah. Para jemaah diharuskan untuk berkemah di sana selama tiga hari pada saat pelaksanaan haji. Pada hari pertama, para jemaah melempar jumrah, yaitu melempar batu ke tiga tiang yang melambangkan setan. Pada hari kedua dan ketiga, para jemaah melempar jumrah lagi dan melakukan shalat di Mina.

Arafah

Arafah merupakan perbukitan yang terletak di luar kota Mekkah. Para jemaah diharuskan untuk berada di sana pada tanggal 9 Dzulhijjah untuk melakukan wukuf, yaitu berdiri di sana selama beberapa saat sambil berdoa. Wukuf merupakan momen yang sangat penting dalam ibadah haji karena di sinilah para jemaah memohon ampun kepada Allah atas segala dosa dan kesalahan yang telah dilakukan.

Tawaf

Tawaf merupakan rangkaian perjalanan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. Tawaf dimulai dengan membaca niat dan doa, kemudian dilanjutkan dengan pengelilingan searah jarum jam mengelilingi Ka’bah di Masjidil Haram. Tawaf harus dilakukan pada saat-saat tertentu, seperti saat memasuki Masjidil Haram untuk pertama kali, setelah melaksanakan shalat wajib di Majidil Haram, dan setelah melakukan sa’i.

BACA JUGA:   Cara Daftar Haji 2018 di Jawa Tengah

Sa’i

Sa’i merupakan rangkaian kegiatan berjalan sepanjang 3,5 km antara bukit Safa dan Marwah. Sa’i dilakukan sebanyak tujuh kali dan dimulai dengan berjalan dari bukit Safa ke Marwah, kemudian balik lagi ke Safa, dan seterusnya hingga tujuh kali. Sa’i memiliki makna simbolis dari pencarian air oleh Hajar yang diisahkan sangat dikagumi oleh para umat muslim.

Hajar Aswad

Hajar Aswad atau Batu Hitam merupakan batu penting di Ka’bah yang dipercaya sebagai batu yang turun dari surga. Berdasarkan hadist dari Rasulullah SAW, menyentuh dan mencium Hajar Aswad dan berdoa di dekatnya amat sangat dianjurkan dan memberikan keberkahan yang besar.

Aqiqah

Aqiqah adalah salah satu rukun Islam yang dilakukan ketika seseorang baru saja lahir. Aqiqah dilakukan dengan menyembelih hewan dan membagikan dagingnya kepada keluarga, sanak saudara, tetangga, dan kaum fakir miskin.

Zakat

Zakat merupakan sejumlah harta yang diberikan oleh umat muslim yang memiliki harta kekayaan kepada yang berhak menerima. Besarnya zakat yang harus diberikan adalah 2,5% dari total kekayaan yang dimiliki pada saat tertentu. Zakat menjadi salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam.

Hijrah

Hijrah adalah perpindahan Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya dari Mekkah ke Madinah pada tahun 622 M. Peristiwa ini memiliki makna penting dalam sejarah Islam karena menandai dimulainya era kekuasaan Islam.

Dengan memahami istilah-istilah penting dalam ibadah haji, diharapkan para jemaah dapat melaksanakan ibadah haji dengan lebih baik dan khusyuk. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.