Skip to content
Home » Jadwal Terbaru: Apakah Ada Kabar Pembukaan Dan Penutupan Umroh Di Tahun 2022?

Jadwal Terbaru: Apakah Ada Kabar Pembukaan Dan Penutupan Umroh Di Tahun 2022?

Kapan umroh ditutup 2022?

Kapan Umroh Ditutup 2022?

Arab Saudi adalah salah satu negara yang dianggap sebagai tempat suci oleh orang-orang muslim di seluruh dunia. Negara ini berfungsi sebagai tuan rumah bagi Ka’bah, Masjidil Haram, dan kota suci lainnya yang menarik jutaan peregrinasi setiap tahunnya. Mereka datang ke Arab Saudi untuk melakukan ibadah umrah dan haji.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah mengumumkan bahwa tanggal terakhir untuk mengeluarkan izin umrah adalah pada Kamis (23/6/2022) atau bertepatan dengan 24 Zulkaidah. Ini berarti bahwa semua peregrinasi yang akan melakukan umrah harus menyelesaikan proses pendaftarannya sebelum tanggal tersebut.

Apa Itu Umroh?

Umroh adalah salah satu ibadah yang diwajibkan bagi orang-orang muslim. Ibadah ini melibatkan melakukan rangkaian rutinitas selama sekitar sepuluh hari di kota suci Makkah dan Madinah di Arab Saudi. Peregrinasi bertujuan untuk berziarah ke tempat-tempat suci dan menyembah Allah dalam rangka mencari pahala dan ampunan.

Peregrinasi yang melakukan umrah harus melakukan tawaf di Ka’bah, berjalan antara Shafa dan Marwa, mengunjungi Maqam Ibrahim, dan meneruskan perjalanan ke Masjidil Haram untuk melakukan salat di sana. Selain ibadah di Makkah, peregrinasi juga diharuskan untuk mengunjungi dan beribadah di Masjid Nabawi di Madinah.

Mengapa Umroh Ditutup 2022?

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah mengumumkan bahwa tanggal terakhir untuk mengeluarkan izin umrah adalah pada Kamis (23/6/2022) atau bertepatan dengan 24 Zulkaidah. Ini berarti bahwa semua peregrinasi yang akan melakukan umrah harus menyelesaikan proses pendaftarannya sebelum tanggal tersebut.

BACA JUGA:   PT Berkah Ibadah Suci: Memiliki Paket Umroh Terbaik di Bandung

Penutupan umrah ini disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang telah melanda seluruh dunia. Negara-negara di seluruh dunia telah mengambil langkah-langkah untuk membatasi perjalanan dan menutup tempat-tempat suci untuk mencegah penyebaran virus.

Untuk melindungi keselamatan dan kesehatan peregrinasi yang akan melakukan umrah, Arab Saudi telah mengambil langkah-langkah untuk menutup akses ke tempat-tempat suci sejak awal pandemi. Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah mengumumkan bahwa mereka akan memberikan izin umrah sampai tanggal 23 Juni 2022 sebagai tanda bahwa pandemi telah berakhir.

Bagaimana Cara Mendapatkan Izin Umroh 2022?

Untuk mendapatkan izin umrah, peregrinasi harus melakukan proses pendaftaran di kantor Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi. Pendaftaran umrah ini mencakup beberapa langkah termasuk mengisi formulir pendaftaran, memverifikasi identitas, mengirimkan dokumen yang diperlukan, dan melakukan pembayaran biaya umrah.

Untuk memastikan bahwa semua peregrinasi yang melakukan umrah memiliki izin yang valid, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah mengumumkan bahwa tanggal terakhir untuk mengeluarkan izin umrah adalah pada Kamis (23/6/2022) atau bertepatan dengan 24 Zulkaidah.

Bagaimana Penegakan Izin Umroh?

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah mengumumkan bahwa mereka akan mengawasi peregrinasi yang melakukan ibadah umrah untuk memastikan bahwa mereka memiliki izin umrah yang valid.

Untuk melakukan ini, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah menerapkan sistem kontrol paspor digital. Sistem ini akan memungkinkan petugas di pintu masuk Makkah dan Madinah untuk memeriksa izin umrah peregrinasi dan memastikan bahwa izin tersebut valid.

Sistem ini juga akan memungkinkan petugas untuk memeriksa jumlah peregrinasi yang datang ke tempat suci pada suatu waktu untuk memastikan bahwa jumlah peregrinasi yang datang tidak akan melampaui kapasitas yang telah ditentukan oleh pemerintah.

BACA JUGA:   Alur Pendaftaran Vaksin Umroh

Apa Sanksi yang Dikenakan Bagi Yang Tidak Memiliki Izin Umroh?

Bagi peregrinasi yang tidak memiliki izin umrah yang valid, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi akan mengenakan sanksi yang cukup berat.

Peregrinasi yang datang ke Arab Saudi tanpa izin umrah yang valid dapat dihukum dengan denda, hingga dua bulan penjara, atau keduanya. Peregrinasi juga dapat dihukum dengan pengurangan masa berlaku visa mereka atau dilarang dari masuk ke Arab Saudi untuk jangka waktu yang tidak ditentukan.

Apakah Ada Pilihan Alternatif Untuk Umroh 2022?

Karena penutupan umrah yang diumumkan oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, banyak peregrinasi yang mencari pilihan ibadah lain untuk menggantikan perjalanan mereka ke Arab Saudi.

Beberapa negara telah mengumumkan bahwa mereka telah membuka kembali tempat-tempat suci mereka untuk ibadah. Peregrinasi yang ingin melakukan ibadah tetapi tidak dapat melakukan umrah ke Arab Saudi dapat mempertimbangkan untuk melakukan ibadah di tempat-tempat suci di negara lain.

Bagaimana Kebijakan Kembali Umroh Setelah 2022?

Meskipun Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah mengumumkan bahwa izin umrah akan ditutup pada Kamis (23/6/2022), mereka belum memberikan informasi tentang kapan umrah akan dibuka kembali.

Peregrinasi yang ingin melakukan perjalanan umrah setelah izin umrah ditutup harus menunggu sampai pemerintah mengumumkan kembali pembukaan umrah. Kementerian Haji dan Umrah akan memberikan informasi lebih lanjut tentang hal ini sesegera mungkin.

FAQs

1. Apa yang dimaksud dengan Umroh?

Umroh adalah salah satu ibadah yang diwajibkan bagi orang-orang muslim. Ibadah ini melibatkan melakukan rangkaian rutinitas selama sekitar sepuluh hari di kota suci Makkah dan Madin