Skip to content
Home » Jangan Lewatkan! Inilah Informasi Kloter Terakhir Haji 2022 Yang Wajib Diketahui

Jangan Lewatkan! Inilah Informasi Kloter Terakhir Haji 2022 Yang Wajib Diketahui

Kapan Kloter Terakhir haji 2022?

Kapan Kloter Terakhir Haji 2022?

Proses pemberangkatan jemaah haji Indonesia menuju Tanah Suci telah dimulai pada bulan Juli 2022. Setelah melewati berbagai tahapan seleksi dan persiapan, pada 22 Juli 2022, kloter haji terakhir tahun 2022 akhirnya telah berangkat.

Berikut adalah informasi terkait jadwal pemberangkatan haji kloter terakhir tahun 2022.

Jadwal Pemberangkatan Kloter Terakhir Haji 2022

Proses ini berlangsung dari 21 Juli 2022 dan berakhir hari ini. Total ada 47.460 jemaah haji Indonesia yang telah diberangkatkan dari Makkah menuju Madinah hingga 4 Agustus 2022. Berikut detail jadwal pemberangkatan kloter terakhir tahun 2022:

  • 21 Juli 2022: Kloter I (17.000 Jemaah)
  • 23 Juli 2022: Kloter II (17.000 Jemaah)
  • 25 Juli 2022: Kloter III (13.000 Jemaah)

Pada proses pemberangkatan ini, seluruh jemaah haji diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Mereka juga diwajibkan melakukan tes swab PCR untuk memastikan bahwa mereka tidak terkena Covid-19 sebelum berangkat.

Kekhawatiran Terhadap Covid-19

Meskipun saat ini Indonesia telah memiliki vaksin yang efektif untuk menangani wabah Covid-19, masih banyak jemaah haji yang merasa cemas terhadap risiko yang terkait dengan perjalanan. Mempertimbangkan hal tersebut, Kementerian Agama telah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko Covid-19 bagi jemaah haji.

Berikut adalah langkah-langkah yang telah diambil oleh Kementerian Agama untuk mengurangi risiko Covid-19 bagi jemaah haji:

  • Jemaah haji diwajibkan untuk mengisi formulir medis sebelum berangkat.
  • Jemaah haji juga diwajibkan untuk melakukan tes swab PCR untuk memastikan bahwa mereka tidak terkena Covid-19.
  • Setelah keluar dari Tanah Suci, jemaah haji diwajibkan untuk melakukan tes swab PCR lagi untuk memastikan bahwa mereka tidak terkena Covid-19.
  • Seluruh jemaah haji wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di lokasi pemberangkatan maupun di lokasi tujuan.
BACA JUGA:   Daftar Embarkasi Haji 2018: Persiapan Mulai Diajukan.

Kementerian Agama juga mengumumkan bahwa seluruh jemaah haji akan mendapatkan perlindungan asuransi selama perjalanan mereka melalui program asuransi haji.

Berbagai Fasilitas untuk Jemaah Haji

Selain perlindungan asuransi, Kementerian Agama juga telah menyediakan berbagai fasilitas untuk memudahkan jemaah haji selama perjalanan. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain adalah:

  • Pemesanan tiket pesawat secara online.
  • Berbagai pilihan akomodasi di hotel, apartemen, atau guest house.
  • Berbagai pilihan transportasi untuk mencapai lokasi tujuan.
  • Pemesanan tiket kereta api atau bus untuk mencapai lokasi tujuan.
  • Berbagai layanan dan kemudahan lain yang dapat membantu jemaah haji selama perjalanan.

Dengan diberikannya berbagai fasilitas dan perlindungan tersebut, diharapkan mampu mengurangi risiko Covid-19 bagi jemaah haji dan membuat perjalanan haji mereka menjadi lebih mudah, nyaman, dan aman.

Kesimpulan

Kloter terakhir haji tahun 2022 telah berangkat pada 21 Juli 2022. Total ada 47.460 jemaah haji Indonesia yang telah diberangkatkan dari Makkah menuju Madinah hingga 4 Agustus 2022. Kementerian Agama telah mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengurangi risiko Covid-19 bagi jemaah haji dan juga telah menyediakan berbagai fasilitas untuk memudahkan jemaah haji selama perjalanan mereka. Dengan demikian, diharapkan semua jemaah haji dapat menikmati perjalanan haji dengan aman dan nyaman.