Skip to content
Home » Jelaskan Miqat untuk Ibadah Umroh

Jelaskan Miqat untuk Ibadah Umroh

Miqat merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh umat Muslim yang akan melakukan ibadah umroh. Jadi, apa itu miqat dan apa saja miqat yang ada? Artikel ini akan membahas secara rinci tentang miqat untuk ibadah umroh.

Apa itu Miqat?

Miqat adalah tempat yang ditetapkan sebagai titik awal bagi seseorang untuk memulai ibadah umroh. Setiap orang yang akan melakukan umroh harus melewati salah satu miqat yang sudah ditentukan.

Penting untuk diketahui bahwa miqat juga dapat merujuk pada pakaian khusus yang harus dikenakan oleh jamaah umroh saat melewati miqat.

Daftar Miqat untuk Ibadah Umroh

Berikut adalah daftar miqat yang harus dilalui oleh jamaah umroh saat memulai perjalanan ke Tanah Suci:

1. Miqat Zulhulaifah

Miqat ini terletak di sebelah selatan Madinah. Jamaah umroh yang memulai perjalanan dari Madinah harus melewati miqat ini.

2. Miqat Bir Ali

Miqat ini terletak di sebelah utara Yaman. Jamaah umroh yang memulai perjalanan dari Yaman dan bagian utara Arab Saudi harus melewati miqat ini.

3. Miqat Juhfah

Miqat ini terletak di jalur utara Makkah. Jamaah umroh yang memulai perjalanan dari Mesir, Libya, dan sebagian wilayah Arab Saudi sebelah utara harus melewati miqat ini.

4. Miqat Qarnul Manazil

Miqat ini terletak di sebelah timur Makkah. Jamaah umroh yang memulai perjalanan dari wilayah timur Arab Saudi, seperti Dammam, Al-Ahsa, dan sekitarnya harus melewati miqat ini.

5. Miqat Dzulhulaifah

Miqat ini terletak di Jeddah, sebelah barat daya Makkah. Jamaah umroh yang memulai perjalanan dari wilayah selatan Arab Saudi dan sebagian wilayah Afrika Utara harus melewati miqat ini.

BACA JUGA:   Harga Resmi Ibadah Umroh: Panduan Lengkap untuk Calon Jamaah

Cara Menggunakan Miqat

Jamaah umroh harus memakai pakaian ihram saat melewati miqat. Pakaian ihram terdiri dari dua helai kain putih tanpa jahitan yang menutupi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak kaki.

Selain itu, jamaah umroh juga harus berniat untuk memulai ibadah umroh sesaat sebelum melewati miqat. Setelah melewati miqat, jamaah umroh harus melafalkan takbir dan mengucapkan "Labbaikallah humma labbaik" yang menandakan kesediaan untuk menjalankan ibadah umroh.

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah mengetahui apa itu miqat dan daftar miqat yang harus dilalui oleh jamaah umroh saat memulai ibadah umroh. Pastikan Anda memakai pakaian ihram dan berniat dengan sungguh-sungguh sebelum melewati miqat agar ibadah umroh Anda diterima oleh Allah SWT.