Skip to content
Home » Jenis-jenis Ibadah Haji

Jenis-jenis Ibadah Haji

Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap umat Muslim yang mampu secara finansial dan fisik. Ibadah haji sendiri memiliki beberapa jenis yang harus dipahami sebelum menjalankan ibadah ini. Berikut adalah jenis-jenis ibadah haji yang perlu diketahui.

Ihram

Ihram adalah jenis ibadah haji yang dilakukan dengan mengenakan baju khusus yang berwarna putih dan menutup kepala. Selain itu, orang yang melakukan ihram juga harus menjaga diri dari tindakan yang dianggap menghalangi pelaksanaan ibadah haji, seperti membuat perselisihan atau melakukan tindakan kekerasan.

Thowaf

Thowaf adalah jenis ibadah haji yang dilakukan dengan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali searah jarum jam. Selama melakukan thowaf, umat Muslim akan membaca doa dan memperbanyak zikir kepada Allah SWT.

Sa’i

Sa’i adalah jenis ibadah haji yang dilakukan dengan berlari-lari kecil antara bukit Safa dan Marwah sebanyak tujuh kali. Saat berada di puncak bukit Safa dan Marwah, umat Muslim akan membaca doa dan memperbanyak zikir kepada Allah SWT.

Wukuf

Wukuf adalah jenis ibadah haji yang dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah di Arafah. Umat Muslim akan berdiri atau duduk di Arafah selama beberapa jam sambil membaca doa dan memperbanyak zikir kepada Allah SWT.

Mabit

Mabit adalah jenis ibadah haji yang dilakukan di Muzdalifah setelah melakukan wukuf di Arafah. Selama mabit, umat Muslim akan mengambil batu kecil sebagai simbol keberanian menghadapi godaan setan.

Jumrah

Jumrah adalah jenis ibadah haji yang dilakukan dengan melempar jumrah, yaitu melempar tujuh kerikil ke tiga tiang yang melambangkan iblis. Jumrah dilakukan selama tiga hari pada tanggal 10, 11, dan 12 Dzulhijjah.

BACA JUGA:   Daftar Nama Calon Haji Tahun 2027: Persiapan Penting Sebelum Berangkat Haji

Tawaf Ifadhah

Tawaf Ifadhah adalah jenis ibadah haji yang dilakukan setelah menyelesaikan jumrah. Umat Muslim akan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali searah jarum jam.

Tawaf Wada’

Tawaf Wada’ adalah jenis ibadah haji yang dilakukan sebelum pulang ke negara asal. Setelah menyelesaikan tawaf wada’, umat Muslim akan mengucapkan selamat tinggal kepada Ka’bah dan kembali ke negara asal.

Dengan memahami jenis-jenis ibadah haji, umat Muslim dapat menjalankan ibadah haji dengan lebih mudah dan sempurna. Ini akan membantu umat Muslim untuk meraih pahala yang maksimal dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Jangan lupa untuk selalu memperbanyak doa dan zikir kepada Allah SWT agar ibadah haji yang dilakukan dapat diterima di sisi-Nya.

Kesimpulan

Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang paling penting dan wajib dilakukan oleh setiap umat Muslim yang mampu secara finansial dan fisik. Jenis-jenis ibadah haji yang perlu dipahami antara lain ihram, thowaf, sa’i, wukuf, mabit, jumrah, tawaf ifadhah, dan tawaf wada’. Dengan memahami jenis-jenis ibadah haji ini, umat Muslim dapat menjalankan ibadah haji dengan lebih mudah dan sempurna dan meraih pahala yang maksimal serta mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.