Skip to content
Home » Jenis-Jenis Pelaksanaan Ibadah Haji

Jenis-Jenis Pelaksanaan Ibadah Haji

Haji adalah sebuah ibadah yang dijalankan oleh umat Muslim dari seluruh dunia untuk menunaikan rukun Islam yang kelima. Setiap tahunnya, jutaan orang dari berbagai negara berbondong-bondong untuk menunaikan ibadah haji di Mekah, Arab Saudi. Di dalam ibadah haji, terdapat beberapa jenis pelaksanaan yang harus dilakukan oleh jamaah haji. Berikut adalah penjelasan mengenai jenis-jenis pelaksanaan ibadah haji.

Ihram

Ihram adalah sebuah persyaratan dalam ibadah haji yang artinya menahan diri dari semua hal yang diharamkan oleh Allah. Setiap jamaah haji laki-laki harus mengenakan dua helai kain putih yang tidak dijahit bersama untuk menandakan kesederhanaan dalam beribadah. Sementara, jamaah haji perempuan diperbolehkan mengenakan pakaian muslimah yang tidak terlihat mewah.

Tawaf

Tawaf adalah pelaksanaan berjalan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. Setiap kali melakukan tawaf, jamaah haji harus memperbanyak dzikir dan istighfar.

Sa’i

Sa’i adalah pelaksanaan berlari-lari kecil antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak tujuh kali. Pelaksanaan sa’i ini dilakukan untuk mengenang kisah Siti Hajar yang berlari-lari mencari air untuk Nabi Isma’il.

Wukuf

Wukuf adalah pelaksanaan berdiri di Arafah selama sehari penuh pada tanggal 9 Dzulhijjah. Disini, jamaah haji akan berdoa dan memohon ampun kepada Allah untuk dosa-dosa yang telah dilakukan.

Mabit

Mabit adalah pelaksanaan menginap di Muzdalifah pada malam harinya setelah wukuf di Arafah. Jamaah haji akan mengambil batu kerikil untuk digunakan pada pelaksanaan jumrah di Mina.

Jumrah

Jumrah adalah pelaksanaan melempar jumrah yang terdiri dari tiga lokasi yakni jumrah Ula, jumrah Wusta, dan jumrah Aqabah. Pelaksanaan jumrah ini dilakukan untuk mengenang ketika Nabi Ibrahim melempar setan-setan yang menggoda.

BACA JUGA:   Puncak Pelaksanaan Ibadah Haji

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa setiap jamaah haji harus melaksanakan enam jenis pelaksanaan ibadah haji yaitu ihram, tawaf, sa’i, wukuf, mabit, dan jumrah. Pelaksanaan ibadah haji membutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam menjalani setiap langkahnya. Semoga tulisan ini memberikan manfaat dan pengetahuan tentang jenis-jenis pelaksanaan ibadah haji.