Skip to content
Home » Kalau Daftar Haji 2019 Berangkat Tahun Berapa

Kalau Daftar Haji 2019 Berangkat Tahun Berapa

Anda pasti bertanya-tanya kalau mendaftar haji tahun 2019, akan berangkat ke Tanah Suci Arab Saudi pada tahun berapa. Bagi umat Islam, ibadah haji adalah salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan sekali seumur hidup, jika memungkinkan. Namun, proses pendaftaran haji dan tahun berangkatnya bisa mengalami perubahan setiap tahunnya tergantung pada kebijakan dari pemerintah Arab Saudi dan pemerintah Indonesia.

Proses Pendaftaran Haji

Proses pendaftaran haji dimulai dengan mendaftarkan diri pada Kementerian Agama, melalui Daftar Tunggu Haji (DTH). Kementerian Agama akan melakukan verifikasi data dan pengecekan berkas untuk menghindari adanya calon jamaah haji yang fiktif dan memastikan calon jamaah memenuhi syarat menjadi jamaah haji. Selain itu, setiap calon jamaah haji juga harus melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala dengan jadwal yang ditentukan oleh Kementerian Agama.

Setelah itu, calon jamaah haji akan dipanggil untuk menyelesaikan administrasi dan pelunasan biaya haji. Calon jamaah haji harus membayar biaya haji yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Selain itu, calon jamaah haji juga harus mempersiapkan berbagai perlengkapan yang diperlukan selama ibadah haji.

Tahun Berangkat Haji 2019

Tahun berangkat haji 2019 ditentukan oleh pemerintah Arab Saudi dan pemerintah Indonesia melalui Keputusan Bersama (KB) antara Kementerian Agama Indonesia dan Kementerian Haji Arab Saudi. Biasanya, proses penentuan tahun berangkat haji ditentukan berdasarkan jumlah kuota haji yang diberikan oleh pemerintah Arab Saudi dan kebijakan visa. Jika jumlah kuota haji meningkat, maka pelaksanaan haji bisa saja dilaksanakan lebih awal.

Namun, untuk tahun 2019, pemerintah Indonesia tidak memberikan tambahan kuota haji. Sehingga, tahun berangkat haji 2019 tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pelaksanaan ibadah haji akan dimulai pada tanggal 9 Agustus 2019 dan berakhir pada tanggal 14 Agustus 2019. Namun, pelaksanaan haji bisa saja mengalami perubahan tergantung pada situasi di lapangan.

BACA JUGA:   Panduan Menuju Haji Mabrur: Petunjuk Lengkap Menuju Tanah Suci

Kesimpulan

Pendaftaran haji dan tahun berangkatnya tergantung pada kebijakan dari pemerintah Arab Saudi dan pemerintah Indonesia. Proses pendaftaran haji harus dilakukan melalui Kementerian Agama dan calon jamaah haji harus mempersiapkan diri dan berbagai perlengkapan yang diperlukan untuk ibadah haji. Bagi calon jamaah haji yang ingin mendaftar pada tahun 2019, tahun berangkat haji tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pelaksanaan ibadah haji akan dimulai pada tanggal 9 Agustus 2019 dan berakhir pada tanggal 14 Agustus 2019, namun bisa saja mengalami perubahan tergantung pada kondisi di lapangan.