Skip to content
Home » Kapan dan Di Mana Harus Mengeluarkan Zakat Fitrah

Kapan dan Di Mana Harus Mengeluarkan Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap orang Islam yang mampu pada saat menjelang Idul Fitri. Zakat yang satu ini dikeluarkan dalam bentuk bahan makanan pokok seperti beras, jagung, atau gandum. Zakat fitrah berkaitan dengan kewajiban setiap Muslim untuk berpartisipasi dalam membantu sesama yang kurang mampu. Namun, kapan dan di mana sebaiknya kita mengeluarkan zakat fitrah?

Kapan Harus Mengeluarkan Zakat Fitrah

Penghitungan zakat fitrah harus dilakukan pada malam hari sebelum Idul Fitri tiba. Sebaiknya kita menyerahkan zakat fitrah sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri. Hal ini dikarenakan zakat fitrah menjadi syarat sahnya shalat Idul Fitri. Jika kita belum menyerahkan zakat fitrah, maka shalat Idul Fitri yang kita lakukan tidak akan sah.

Selain itu, mengeluarkan zakat fitrah sebelum Idul Fitri juga memberikan dampak positif bagi saudara-saudara kita yang kurang mampu. Dengan demikian, mereka dapat memenuhi kebutuhan mereka pada hari raya Idul Fitri.

Di Mana Harus Mengeluarkan Zakat Fitrah

Zakat fitrah dapat dikeluarkan kepada mereka yang membutuhkan, seperti fakir miskin atau orang yang tidak mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun, tidak ada ketentuan yang mengharuskan zakat fitrah harus diberikan kepada mustahik di suatu daerah tertentu.

Sebaiknya kita memberikan zakat fitrah kepada mereka yang membutuhkan di sekitar kita terlebih dahulu. Misalnya, kepada tetangga yang kurang mampu atau kepada masyarakat sekitar yang sedang membutuhkan bantuan. Namun, jika kita tidak menemukan mereka yang membutuhkan di sekitar kita, zakat fitrah dapat diberikan kepada mustahik di daerah lain.

Penutup

Zakat fitrah adalah salah satu zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim yang mampu pada saat menjelang Idul Fitri. Kontribusi kita dalam memberikan zakat fitrah dapat membantu mereka yang kurang mampu dan memenuhi kebutuhan mereka pada hari raya Idul Fitri. Jangan lupa untuk mengeluarkan zakat fitrah sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri tiba dan memberikannya kepada mereka yang membutuhkan di sekitar kita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

BACA JUGA:   Membuat Pilihan yang Bijak Tentang Yang Berhak Menerima Zakat Pendapatan