Skip to content
Home » Kapan Ibadah Haji Dimulai: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Kapan Ibadah Haji Dimulai: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Jutaan umat Muslim dari seluruh dunia memenuhi kota Mekkah, Arab Saudi setiap tahunnya untuk menjalankan ibadah haji. Ibadah haji adalah rangkaian ibadah yang dilakukan pada tanggal tertentu dalam bulan yang telah diatur. Sebagian besar orang mungkin sudah mengetahui bahwa setiap tahunnya, tanggal ibadah haji adalah pada bulan Dzulhijjah. Tetapi, kapan ibadah haji dimulai dan apa yang harus dilakukan sebelum pergi ke Mekkah? Simak artikel ini untuk mengetahui lebih banyak.

Apa itu Ibadah Haji?

Ibadah haji merupakan tandang ke Mekkah yang menjadi salah satu dari lima pilar di dalam Islam. Ibadah ini diperintahkan Allah SWT kepada seluruh umat Muslim yang mampu untuk menunaikan ibadah ini.

Ibadah haji terdiri dari berbagai kegiatan, termasuk mengenakan pakaian ihram, thawaf (mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali), sa’i (berlari-lari kecil antara bukit Safa dan Marwah sebanyak tujuh kali), dan wukuf. Wukuf adalah kegiatan berdiri di Arafah selama beberapa waktu sebagai waktu suci dan untuk memohon ampunan Allah SWT.

Kapan Ibadah Haji Dimulai?

Tahun 2021, ibadah haji akan dimulai pada tanggal 17 Juli 2021. Tanggal ini merupakan tanggal 8 Dzulhijjah, yang merupakan hari wukuf. Sebelum tanggal tersebut, para jamaah akan melakukan berbagai persiapan, seperti melakukan pendaftaran dan mendapatkan visa, membeli tiket pesawat, dan mempersiapkan diri di dalam segala hal.

Persiapan Sebelum Berangkat ke Mekkah

Sebelum berangkat ke Mekkah, para jamaah harus melakukan berbagai persiapan agar dapat menunaikan ibadah dengan baik. Beberapa persiapan yang harus dilakukan antara lain:

BACA JUGA:   Cara Cek Daftar Tunggu Haji Online

1. Mendaftar untuk Ibadah Haji

Mendaftar untuk ibadah haji harus dilakukan dengan waktu yang cukup lama sebelum ibadah tersebut dimulai. Proses pendaftaran biasanya dilakukan pada saat tertentu dan membutuhkan berbagai dokumen, seperti paspor dan surat keterangan kesehatan.

2. Mendapatkan Visa dan Tiket Pesawat

Setelah proses pendaftaran selesai, para jamaah harus mendapatkan visa dan tiket pesawat agar dapat berangkat ke Mekkah. Pendaftaran untuk visa juga membutuhkan waktu tertentu dan harus memenuhi persyaratan tertentu.

3. Membeli Pakaian Ihram

Pakaian ihram adalah salah satu hal yang harus disiapkan sebelum pergi ke Mekkah. Pakaian ini terdiri dari dua potong kain putih yang disematkan pada tubuh, baik laki-laki maupun perempuan.

4. Mempersiapkan Diri Secara Fisik dan Mental

Mempersiapkan diri secara fisik dan mental sangat penting sebelum berangkat ke Mekkah. Ibadah haji membutuhkan kekuatan fisik dan mental, dan para jamaah harus siap mengatasinya.

5. Belajar Tentang Ibadah Haji

Sebelum berangkat ke Mekkah, para jamaah harus belajar tentang ibadah haji. Proses ini bisa dilakukan melalui berbagai kursus atau melalui berbagai sumber informasi.

Kesimpulan

Ibadah haji dimulai pada tanggal 8 Dzulhijjah, yaitu tanggal 17 Juli 2021. Sebelum berangkat ke Mekkah, para jamaah harus melakukan berbagai persiapan agar dapat menunaikan ibadah dengan baik, termasuk mendaftar untuk ibadah haji, mendapatkan visa dan tiket pesawat, membeli pakaian ihram, mempersiapkan diri secara fisik dan mental, serta belajar tentang ibadah haji. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam memahami kapan ibadah haji dimulai dan apa persiapan yang harus dilakukan sebelum pergi ke Mekkah.