Skip to content
Home » Kapan Membayar Zakat 2019: Panduan Lengkap

Kapan Membayar Zakat 2019: Panduan Lengkap

Apakah Anda seorang Muslim yang ingin membayar zakat tahun ini? Membayar zakat merupakan kewajiban bagi umat Islam yang mampu untuk membantu mereka yang membutuhkan. Tapi, bagaimana cara menentukan kapan waktu yang tepat untuk membayar zakat?

Berikut adalah panduan lengkap tentang kapan membayar zakat 2019:

Kapan waktu membayar Zakat Fitrah?

Zakat Fitrah harus dibayar sebelum waktu sholat Idul Fitri. Zakat Fitrah ini dibayar oleh setiap orang Muslim yang mampu pada bulan Ramadan. Besaran zakat fitrah ditentukan oleh Pemerintah dan biasanya per orangnya senilai satu mud atau sekitar 2,5 kilogram beras.

Kapan waktu membayar Zakat Maal?

Zakat Maal atau zakat harta adalah zakat yang diberikan dari harta yang dimiliki. Zakat Maal ini harus dibayar setiap tahunnya jika harta yang dimiliki mencapai nisab (kondisi minimum harta yang harus dimiliki untuk membayar zakat). Nisab untuk Zakat Maal adalah sekitar 85 gram emas.

Waktu untuk membayar Zakat Maal adalah setelah 1 tahun lamanya telah berlalu sejak pertama kali Anda memenuhi nisab harta. Anda bisa memilih waktu yang tepat untuk membayar Zakat Maal, tetapi yang paling umum dilakukan adalah pada bulan Ramadan atau menjelang akhir tahun hijriah.

Bagaimana Menghitung Zakat yang Harus Dibayarkan?

Untuk menghitung zakat yang harus Anda bayarkan, Anda bisa menggunakan rumus Zakat Maal. Rumusnya adalah:

(Harta yang dimiliki x 2,5%) – (hutang atau piutang)

Lalu apa saja harta yang termasuk pada penghitungan zakat? Berikut beberapa contoh diantaranya:

  • Uang tunai yang tersimpan di dalam lemari, tabungan, atau deposito.
  • Saham dan investasi yang dikelola di pasar modal.
  • Properti, tanah, atau bangunan yang dimiliki.
  • Emas, perak, dan logam mulia lainnya.
  • Barang-barang yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang (mobil, mesin, dan sejenisnya).
BACA JUGA:   Hubungan Antara Zakat dan Pajak Menurut Undang-Undang

Setelah mengetahui harta apa saja yang harus dimasukkan dalam penghitungan zakat, Anda bisa menggunakan rumus di atas untuk menghitung perhitungan zakat yang harus dibayarkan.

Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Membayar Zakat?

Setelah membayar zakat, pastikan untuk mengeluarkan zakat yang sudah dibayarkan dari harta Anda. Anda bisa memilih memberikan langsung kepada mereka yang membutuhkan atau menyalurkannya melalui lembaga yang dipercayakan untuk menyalurkannya seperti amil yang terpercaya.

Kesimpulan

Membayar zakat merupakan kewajiban bagi umat Islam. Jika Anda mampu, pastikan untuk membayar zakat pada waktu yang tepat dan dengan jumlah yang sesuai. Ikuti panduan di atas untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk membayar zakat dan bagaimana menghitung zakat yang harus dibayarkan. Semoga bermanfaat!