Skip to content
Home » Kapan Sebaiknya Zakat Mall Dibayarkan

Kapan Sebaiknya Zakat Mall Dibayarkan

Sebagai seorang muslim, membayar zakat mall adalah sebuah kewajiban yang harus dipenuhi setiap tahunnya. Zakat mall merupakan zakat yang dikeluarkan dari harta yang kita miliki. Zakat ini menjadi kewajiban bagi setiap muslim yang telah mencapai nisab dan haul. Namun begitu, masih banyak yang bingung kapan sebaiknya zakat mall dibayarkan. Berikut ini adalah beberapa informasi penting mengenai waktu pembayaran zakat mall.

Nisab dan Haul

Sebelum membahas kapan sebaiknya zakat mall dibayarkan, pertama-tama mari kita bahas mengenai nisab dan haul. Nisab adalah batas minimum jumlah harta yang dipenuhi agar seorang muslim diwajibkan membayar zakat. Sedangkan haul adalah waktu minimum yang harus dilewati setelah seorang muslim mencapai nisab, sebelum ia diwajibkan untuk membayar zakat lagi pada tahun berikutnya.

Nisab zakat mall saat ini adalah senilai 85 gram emas. Jadi jika kamu memiliki harta yang senilai 85 gram emas atau lebih, kamu diwajibkan membayar zakat mall. Adapun haul zakat mall adalah satu tahun hijriyah. Artinya, jika kamu telah memiliki harta yang mencapai nisab dan haul satu tahun hijriyah telah dilewati, maka kamu harus membayar zakat mall.

Kapan Sebaiknya Membayar Zakat Mall?

Setelah mengetahui nisab dan haul zakat mall, kini saatnya membahas kapan sebaiknya zakat mall dibayarkan. Menurut para ulama, zakat mall sebaiknya dibayar secepatnya setelah haul telah dipenuhi. Karena menunda pembayaran zakat mall bisa saja membuat kamu lupa dan merusak amalan baikmu.

Namun begitu, pembayaran zakat mall juga bisa dilakukan di bulan Ramadan. Membayar zakat mall di bulan Ramadan memiliki banyak keutamaan dan keberkahan. Selain itu, saat membayar zakat mall di bulan Ramadan, kamu juga dapat mengambil manfaat dari zakat yang kamu bayarkan dalam waktu yang lebih cepat.

BACA JUGA:   Mengapa Allah Memerintahkan Kita Berzakat: Jelaskan

Bagaimana Cara Membayar Zakat Mall?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membayar zakat mall. Pertama, kamu bisa membayar langsung ke mustahiq. Mustahiq adalah penerima zakat yang telah memenuhi syarat untuk menerima zakat. Sebelum membayar zakat mall langsung ke mustahiq, pastikan kamu mengetahui syarat-syarat penerima zakat agar pembayaranmu benar-benar bermanfaat bagi penerima zakat.

Kedua, kamu bisa membayar zakat melalui lembaga atau yayasan zakat. Saat ini sudah banyak lembaga atau yayasan zakat yang dapat menjadi perantara bagi kamu dalam membayar zakat mall. Pastikan kamu memilih lembaga atau yayasan zakat yang telah terpercaya dan berpengalaman dalam menyalurkan zakat untuk menghindari penyaluran zakat yang tidak sesuai dengan syariat Islam.

Kesimpulan

Secara singkat, zakat mall merupakan kewajiban setiap muslim yang memiliki harta yang mencapai nisab dan haul. Zakat mall sebaiknya dibayar secepatnya setelah haul telah dipenuhi, atau bisa juga dilakukan di bulan Ramadan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membayar zakat mall, seperti membayar langsung ke mustahiq atau melalui lembaga atau yayasan zakat.

Jadi, jangan menunda-nunda lagi untuk membayar zakat mall, karena membayar zakat adalah bagian dari ketaatan kita sebagai seorang muslim. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasanmu mengenai zakat mall.