Skip to content
Home » Kapan Wajib Zakat Mal

Kapan Wajib Zakat Mal

Zakat adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap umat Muslim yang sudah mencapai nishab atau batas minimal tertentu dalam kekayaannya. Zakat mal adalah zakat yang wajib dikeluarkan dari harta atau kekayaan yang dimiliki oleh individu atau perusahaan. Pertanyaannya adalah, kapan sebenarnya kita wajib membayar zakat mal?

Batas Wajib Zakat Mal (Nishab)

Batas minimal jumlah harta yang harus dimiliki agar seseorang wajib membayar zakat mal disebut nishab. Jumlah nishab dalam zakat mal adalah 85 gram emas atau setara dengan harga 40 juta rupiah (berdasarkan harga 1 gram emas saat ini). Oleh karena itu, jika total kekayaan seseorang mencapai atau melebihi harga 85 gram emas, maka orang tersebut wajib membayar zakat mal.

Kapan Wajib Membayar Zakat Mal

  1. Menurut Haul

Haul adalah masa satu tahun hijriyah (kalender Islam) yang dimulai dari saat seseorang memiliki harta yang melebihi nishab. Setelah masa satu tahun hijriyah berakhir, maka seseorang wajib membayar zakat mal sebanyak 2,5% dari total kekayaannya. Jadi, jika seseorang mulai memiliki kekayaan yang melebihi nishab pada tanggal 1 Ramadan tahun ini, maka ia harus membayar zakat mal pada tanggal 1 Ramadan tahun depan.

  1. Menurut Masa Proporsi

Masa proporsi artinya seseorang membayar zakat mal sesuai dengan proporsional waktu yang dimiliki dalam satu tahun hijriyah. Misalnya, seseorang memiliki harta yang melebihi nishab pada bulan Ramadan, maka ia harus membayar zakat mal sebesar 2,5% dari total kekayaannya pada bulan Ramadan tersebut. Jika ia memiliki kekayaan yang melebihi nishab pada bulan Rabiul Awal, maka ia harus membayar zakat mal sebesar 2,5% dari total kekayaannya pada bulan Rabiul Awal.

BACA JUGA:   Yang Termasuk Mustahiq Zakat Adalah

Benda Yang Wajib Dizakatkan

  1. Uang Tunai

Uang tunai atau tabungan yang ada di bank wajib dizakatkan sebesar 2,5 % dari total tabungan yang dimiliki.

  1. Emas Perhiasan

Emas perhiasan yang dimiliki juga wajib dizakatkan jika telah mencapai nisab. Emas perhiasan yang dimaksud adalah emas yang dipakai sebagai perhiasan, seperti kalung, gelang, dan cincin. Emas jenis ini dikeluarkan zakatnya secara langsung, yaitu sebesar 2,5% dari jumlah emas tersebut.

  1. Saham dan Investasi

Saham dan investasi juga termasuk dalam jenis harta yang wajib dizakatkan jika telah mencapai nishab. Bagi investor saham, zakat dikeluarkan oeleh perusahaan tempat mereka berinvestasi sebanyak 2,5% dari total kekayaan mereka.

Kesimpulan

Zakat mal adalah zakat yang wajib dikeluarkan bagi setiap orang Muslim yang kekayaannya telah mencapai nishab, atau batas minimal tertentu. Nishab zakat mal adalah 85 gram emas atau setara dengan harga 40 juta rupiah. Ada dua cara untuk membayar zakat mal, yaitu menurut haul dan masa proporsi. Dan, benda yang wajib dizakatkan termasuk uang tunai, emas perhiasan, saham, dan investasi. Jika kita sudah memenuhi syarat zakat mal, maka segeralah membayarnya agar kita terhindar dari dosa tidak membayar zakat.