Skip to content
Home » Kapan Zakat Fitrah Bisa Dibagi?

Kapan Zakat Fitrah Bisa Dibagi?

Zakat fitrah adalah zakat yang dibayarkan oleh setiap muslim pada bulan Ramadan atau sebelum hari raya Idul Fitri. Zakat fitrah memiliki tujuan untuk membersihkan diri dari dosa-dosa yang dilakukan selama bulan Ramadan serta membantu orang-orang yang membutuhkan untuk merayakan hari raya Idul Fitri dengan bahagia.

Namun, seringkali kita bingung kapan waktu yang tepat untuk membayar zakat fitrah maupun kapan waktu yang tepat untuk membagikan zakat fitrah kepada yang membutuhkan.

Waktu Pembayaran Zakat Fitrah

Pembayaran zakat fitrah dapat dilakukan pada awal Ramadan hingga sebelum pelaksanaan sholat Idul Fitri dilakukan. Idealnya, zakat fitrah dibayarkan sebelum sholat Idul Fitri agar orang-orang yang menerima zakat tersebut dapat memanfaatkannya untuk merayakan hari yang penuh berkah tersebut.

Jangan Tunda-tunda untuk Memiliki Zakat Fitrah

Bagi yang sudah memiliki zakat fitrah di awal puasa dapat langsung membayarkannya sejak awal Ramadan. Ada kalanya zakat fitrah yang harus dibayarkan cukup besar sehingga tidak bisa dibayarkan secara langsung. Dalam hal seperti ini, disarankan untuk membayar zakat fitrah secara bertahap sebelum waktu sholat Idul Fitri.

Waktu Yang Tepat untuk Membagikan Zakat Fitrah

Setelah bayar zakat fitrah, kita harus membagikan zakat fitrah kepada yang berhak menerimanya. Ada beberapa waktu yang tepat untuk membagikan zakat fitrah, yaitu:

  1. H-2 sebelum Idul Fitri
  2. Sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri
  3. Sesudah melakukan sholat Idul Fitri

Namun, disarankan untuk membagikan zakat fitrah dua hari sebelum Idul Fitri agar orang yang menerimanya dapat memanfaatkannya untuk mempersiapkan diri menjelang hari raya.

BACA JUGA:   Kenapa Zakat Jadi 2,8%?

Siapa Yang Berhak Menerima Zakat Fitrah?

Zakat fitrah diberikan kepada orang yang membutuhkan, terutama orang yang kurang mampu. Siapa saja yang berhak menerima zakat fitrah, yaitu:

  1. Fakir miskin
  2. Orang yang berhak menerima zakat
  3. Anak yatim dan kaum duafa
  4. Pembebasan orang yang terlilit hutang
  5. Kepentingan umum seperti pembangunan masjid dan lain-lain

Tentunya, kita harus memastikan bahwa zakat fitrah yang kita bayarkan bukanlah untuk memberi bantuan kepada orang yang tidak berhak menerimanya.

Kesimpulan

Zakat fitrah adalah kewajiban setiap muslim untuk membayarkan zakat pada bulan Ramadan atau sebelum hari raya Idul Fitri. Pembayaran zakat fitrah sebaiknya dilakukan pada awal Ramadan hingga sebelum sholat Idul Fitri dilaksanakan. Sedangkan waktu yang tepat untuk membagikan zakat fitrah adalah dua hari sebelum Idul Fitri agar dapat dimanfaatkan untuk persiapan hari raya. Selain itu, zakat fitrah harus diberikan kepada orang yang berhak menerimanya seperti fakir miskin, orang yang berhak menerima zakat, anak yatim dan kaum duafa, pembebasan orang yang terlilit hutang, dan kepentingan umum.

Ingat, pembayaran zakat fitrah dan membagikan zakat fitrah dengan tepat waktu dan tepat sasaran akan memberikan efek yang positif bagi kita semua. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.