Skip to content
Home » Kapan Zakat Mal Dibayarkan?

Kapan Zakat Mal Dibayarkan?

Pengertian Zakat Mal

Zakat mal adalah kewajiban setiap muslim yang diwajibkan untuk membayar zakat atas harta kekayaannya. Dalam ilmu fikih, zakat mal ditentukan dengan persentase tertentu dari harta kekayaan yang tertentu setelah mencapai nisab.

Nisab adalah batas minimal harta yang dimiliki seseorang untuk wajib membayar zakat. Nisab akan berbeda tergantung jenis harta yang dimiliki, seperti emas, perak, atau uang.

Bagaimana Cara Menghitung Zakat Mal?

Cara menghitung zakat mal ada dua jenis: pertama, zakat mal untuk emas dan perak; kedua, zakat mal untuk uang dan harta lainnya.

Untuk zakat mal emas dan perak, perlu diketahui bahwa 1 dinar sama dengan 4,25 gram emas dan 1 dirham sama dengan 3,0 gram perak. Nishab untuk zakat emas sebesar 85 gram, sedangkan untuk zakat perak sebesar 595 gram.

Sedangkan untuk zakat mal uang dan harta lainnya, perhitungannya adalah dengan menghitung jumlah harta di atas nisab dan kemudian dibagi dengan persentase 2,5%.

Contoh penghitungan zakat mal:

Misalnya, seseorang memiliki tabungan sebesar Rp 10.000.000,-, kemudian setelah dikurangi dengan kebutuhan pokok sehari-hari, seseorang memiliki tabungan sebesar Rp 9.000.000,-. Maka, zakat yang diwajibkan untuk dibayarkan adalah sebesar Rp 225.000,-.

Kapan Zakat Mal Dibayarkan?

Zakat mal tidak harus dibayarkan pada saat bulan Ramadhan. Zakat mal juga dapat dibayarkan pada bulan lainnya. Namun, ada beberapa orang yang mengumpulkan zakat pada bulan Ramadhan karena pada bulan tersebut pahala berlipat ganda.

Pada umumnya, kebanyakan orang membayar zakat mal pada saat harta tersebut sudah mencapai nisab dan sudah memiliki ketetapan hati untuk membayarkannya. Namun, ada juga beberapa orang yang membayarkannya di akhir tahun.

Sebagai umat muslim yang bertanggung jawab, sebaiknya kita menunaikan kewajiban membayar zakat mal secepat mungkin. Hal ini bertujuan agar kita dapat berbagi kebahagiaan dengan sesama manusia yang lebih membutuhkan.

BACA JUGA:   Yang Termasuk Mustahiq Zakat - Siapa Saja yang Berhak Menerima Zakat

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai kapan zakat mal dibayarkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca, khususnya umat muslim yang ingin menunaikan kewajiban membayar zakat mal dengan tepat waktu. Mari kita jadikan zakat sebagai sarana untuk berbagi kebahagiaan dengan sesama manusia yang membutuhkan.