Skip to content
Home » Ke Mana Bayar Zakat Fitrah

Ke Mana Bayar Zakat Fitrah

Halo semuanya, di artikel ini saya akan membahas tentang cara membayar Zakat Fitrah. Sebagai seorang Muslim, Zakat Fitrah adalah salah satu amal yang harus dilakukan saat memasuki bulan suci Ramadan. Zakat Fitrah adalah zakat yang diperuntukkan bagi orang yang berpuasa selama Ramadan. Zakat Fitrah juga disebut sebagai Zakat Al-Fitr.

Pengertian Zakat Fitrah

Zakat Fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap Muslim yang mampu pada saat bulan Ramadan. Zakat Fitrah merupakan pengorbanan harta yang dikeluarkan seorang Muslim pada saat Ramadan untuk membantu saudara-saudara seiman yang kurang mampu. Setiap orang yang berpuasa wajib untuk membayar zakat fitrah, baik itu dewasa atau pun anak-anak.

Nishab Zakat Fitrah

Nishab Zakat Fitrah adalah jumlah minimum harta yang dimiliki oleh seseorang yang wajib membayar zakat fitrah. Jika seseorang memiliki harta yang memenuhi nishab, maka dia wajib untuk membayar zakat fitrah. Jumlah nishab zakat fitrah adalah satu sha’ atau setara dengan 2,5 kilogram beras. Jika nilainya mengalami perubahan karena adanya perbedaan daerah atau besarnya harga beras saat itu, maka perhitungan harus disesuaikan.

Besaran Zakat Fitrah

Dalam hal besaran zakat fitrah, menurut ulama mazhab Syafi’i dan Hanbali, besaran zakat fitrah adalah setara dengan 3,5 liter atau sekitar 2,1 kilogram makanan pokok. Sedangkan menurut mazhab Hanafi dan Maliki, besaran zakat fitrah adalah setara dengan 3 liter atau sekitar 1,8 kilogram makanan pokok. Besaran ini berlaku untuk satu orang.

Cara Membayar Zakat Fitrah

Setelah mengetahui apa itu zakat fitrah, nishab, dan besaran zakat fitrah, sekarang saatnya membahas cara membayar zakat fitrah.

BACA JUGA:   Yang Wajib Membayar Zakat Disebut

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membayar zakat fitrah, diantaranya yaitu:

  1. Membayar zakat fitrah secara langsung kepada orang yang membutuhkan.
    • Anda dapat memberikan bantuan berupa uang atau bahan pokok seperti beras, gula, tepung, dan sebagainya.
  2. Membayar zakat fitrah melalui lembaga yang terpercaya.
    • Anda dapat menghubungi lembaga-lembaga seperti Baznas, Dompet Dhuafa, atau lembaga-lembaga lain yang terpercaya untuk menyalurkan zakat fitrah anda.

Baik itu memilih cara pertama atau kedua, pastikan anda membayar zakat fitrah sebelum waktu Maghrib pada malam hari raya Idul Fitri. Jangan lupa untuk menyalurkan zakat fitrah anda dengan iklas tanpa menyebarkan tuntunan atau rahasia zakat yang anda berikan.

Kesimpulan

Dalam menunaikan kewajiban membayar zakat fitrah ini, semoga kita semua selalu diberikan kemudahan dan kesehatan sehingga dapat membantu saudara-saudara seiman yang kurang mampu dengan baik. Jangan lupa untuk selalu bersholawat atas junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih sudah membaca, Salam Ramadan.