Skip to content
Home » Keinginan Naik Haji Di Usia 60 Tahun: Apakah Memungkinkan?

Keinginan Naik Haji Di Usia 60 Tahun: Apakah Memungkinkan?

Apakah umur 60 bisa naik haji?

Apakah Umur 60 Bisa Naik Haji?

Alhamdulillah! Tak Ada Lagi Pembatasan Usia untuk Haji 2023, Lansia 60 Tahun Lebih Bisa Berangkat.

Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap orang yang mampu secara finansial dan fisik. Pada saat ini, ada banyak orang yang telah berusia di atas 60 tahun yang ingin menunaikan ibadah haji.

Kini, Alhamdulillah, tak ada lagi pembatasan usia bagi para jemaah haji. Pada tahun 2020, Kementerian Agama Republik Indonesia telah mengumumkan bahwa pada tahun 2023, jemaah haji yang berusia di atas 60 tahun akan diizinkan untuk melakukan ibadah haji.

Ini merupakan berita yang menggembirakan bagi para jemaah haji yang telah berusia di atas 60 tahun, karena sebelumnya mereka tidak dapat menunaikan ibadah haji karena adanya batasan usia.

Syarat-Syarat Umum Untuk Melakukan Haji

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai apakah usia di atas 60 tahun dapat melakukan haji, ada baiknya kita mengetahui syarat-syarat umum yang harus dipenuhi untuk melakukan haji.

Fisik dan Mental

Pertama-tama, jemaah haji yang ingin menunaikan ibadah haji harus memiliki kondisi fisik dan mental yang baik. Jemaah haji yang berusia di atas 60 tahun juga harus dalam kondisi yang baik, baik secara fisik maupun mental.

Keuangan

Kedua, jemaah haji harus memiliki keuangan yang cukup untuk menutup biaya perjalanan haji. Jemaah haji yang berusia di atas 60 tahun juga harus memenuhi syarat ini.

BACA JUGA:   Daftar Nama Naik Haji On H+ Tahun 2017 Tasik

Apakah Umur 60 Bisa Naik Haji?

Berdasarkan syarat-syarat umum yang telah disebutkan di atas, maka umur di atas 60 tahun juga dapat melakukan haji. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika seorang yang berusia di atas 60 tahun hendak menunaikan ibadah haji.

Kesiapan Fisik dan Mental

Ketika seorang yang berusia di atas 60 tahun ingin menunaikan ibadah haji, ia harus memastikan bahwa ia dalam kondisi yang cukup baik untuk melakukan ibadah haji. Hal ini penting karena proses ibadah haji akan memerlukan banyak energi fisik dan mental. Seorang yang berusia di atas 60 tahun dapat memeriksakan kondisinya secara medis sebelum memutuskan untuk menunaikan ibadah haji.

Kesiapan Finansial

Selain itu, seorang yang berusia di atas 60 tahun juga harus memastikan bahwa ia memiliki keuangan yang cukup untuk menutup biaya perjalanan haji. Proses ibadah haji akan menghabiskan banyak biaya, sehingga seorang yang berusia di atas 60 tahun harus memastikan bahwa ia memiliki cukup uang untuk menutup semua biaya yang terkait dengan ibadah haji.

Penting Untuk Mempersiapkan Diri Dengan Baik

Ketika seorang yang berusia di atas 60 tahun ingin menunaikan ibadah haji, ia harus memastikan bahwa ia telah mempersiapkan diri dengan baik, baik secara fisik maupun finansial. Hal ini penting karena ibadah haji membutuhkan kesiapan fisik dan mental yang baik, serta keuangan yang cukup untuk menutup biaya perjalanan haji.

Selain itu, seorang yang berusia di atas 60 tahun juga harus memastikan bahwa ia telah mempersiapkan diri dengan baik dengan cara berlatih berjalan jauh, membiasakan diri dengan cuaca panas, mempersiapkan perlengkapan yang diperlukan, dan memastikan bahwa ia dalam kondisi yang sehat.

BACA JUGA:   Penyelenggaraan Ibadah Haji Adalah Kewajiban bagi Umat Muslim

Kesimpulan

Jadi, secara keseluruhan, umur di atas 60 tahun dapat melakukan haji. Namun, seorang yang berusia di atas 60 tahun harus memastikan bahwa ia telah mempersiapkan diri dengan baik, baik secara fisik maupun finansial, sebelum dapat menunaikan ibadah haji. Dengan cara ini, jemaah haji yang berusia di atas 60 tahun dapat menikmati ibadah haji dengan nyaman dan aman.