Skip to content
Home » Kenapa Harus Bayar Zakat Fitrah

Kenapa Harus Bayar Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah jenis zakat yang dibayarkan setiap tahun saat menjelang Lebaran. Banyak orang yang masih bingung dan tidak mengerti kenapa harus bayar zakat fitrah. Padahal, zakat fitrah memiliki banyak manfaat dan pentingnya pun tidak bisa dikesampingkan begitu saja.

Apa Itu Zakat Fitrah?

Zakat fitrah adalah zakat yang harus dibayarkan oleh setiap orang muslim yang mampu saat menjelang Lebaran. Besar zakat fitrah yang harus dibayarkan adalah sebesar satu sha’ dari bahan makanan pokok setiap orang. Saat ini, besarnya zakat fitrah ditetapkan sebesar Rp 25.000,- per orang.

Tujuan Bayar Zakat Fitrah

Ada beberapa tujuan mengapa kita harus bayar zakat fitrah. Berikut adalah beberapa diantaranya:

Menyucikan Hati

Bayar zakat fitrah dapat menyucikan hati kita dari segala keburukan yang ada. Dalam Islam, harta yang kita miliki harus disucikan dengan cara memberikan zakat kepada yang berhak menerimanya. Dengan memberikan zakat fitrah, kita menyucikan harta kita dan menyucikan hati kita dari segala bentuk keserakahan dan kedengkian.

Membantu Saudara-saudara Yang Kurang Mampu

Bayar zakat fitrah juga bertujuan untuk membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu. Dengan banyaknya orang yang membayar zakat fitrah, maka akan terkumpul dana yang bisa digunakan untuk membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan mereka.

Membangun Kepedulian di Antara Sesama

Dengan membayar zakat fitrah, kita juga menciptakan rasa kepedulian di antara sesama muslim. Kita tidak hanya peduli dengan diri sendiri, tapi juga dengan saudara-saudara muslim yang lain. Kebersamaan dan saling berbagi akan tercipta, dan ini adalah bentuk nyata dari rasa kepedulian kita terhadap sesama.

BACA JUGA:   Mengapa Zakat Fitrah Juga Disebut dengan Zakat Nafs

Konsekuensi Tidak Bayar Zakat Fitrah

Tidak membayar zakat fitrah memiliki konsekuensi yang cukup serius dalam pandangan Islam. Berikut adalah beberapa konsekuensi tidak bayar zakat fitrah:

Tidak Diterima Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan kita tidak akan diterima jika kita tidak membayar zakat fitrah. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis, rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa berpuasa Ramadhan kemudian tidak membayar zakat fitrah, maka puasanya tergantung diantara langit dan bumi".

Dosa

Tidak membayar zakat fitrah juga termasuk dalam jenis dosa yang cukup besar di pandangan Islam. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis, rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa tidak membayar zakat fitrah, maka zakatnya akan diambil dari hartanya pada hari kiamat sebagai hadiah bagi orang yang berhak menerimanya".

Kesimpulan

Membayar zakat fitrah adalah suatu kewajiban bagi setiap muslim yang mampu untuk melaksanakannya. Ada banyak manfaat dan tujuan yang bisa kita dapatkan dari membayar zakat fitrah, seperti menyucikan hati, membantu saudara-saudara muslim yang kurang mampu, dan membangun rasa kepedulian di antara sesama muslim. Oleh karena itu, jangan sampai kita melalaikan kewajiban ini, karena dosa dan konsekuensi yang dihasilkan bisa sangat besar. Bayarlah zakat fitrah dengan ikhlas dan penuh keyakinan bahwa ini adalah suatu tindakan yang diredai oleh Allah SWT.