Skip to content
Home » Kenapa Perintah Zakat Setelah Perintah Sholat

Kenapa Perintah Zakat Setelah Perintah Sholat

Kenapa Perintah Zakat Setelah Perintah Sholat

Pentingnya zakat dan sholat dalam Islam memang tidak bisa dipungkiri. Sholat sebagai bentuk ibadah dalam Islam yang wajib dilakukan lima kali sehari, sedangkan zakat adalah bentuk perintah memberi sebagian harta kepada mereka yang membutuhkan.

Namun, kenapa Allah SWT memberikan perintah zakat setelah perintah sholat?

Perintah Sholat

Sholat adalah ibadah wajib bagi setiap muslim untuk memperkuat iman dan memperbaiki akhlak. Sholat juga merupakan salah satu rukun Islam yang harus dipenuhi oleh setiap muslim. Perintah sholat sudah terdapat dalam al-Quran sejak awal, terutama surah al-Baqarah ayat 43 yang artinya:

“Akhirnya, dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat, dan rukulah bersama orang-orang yang rukuk.”

Dalam ayat tersebut, Allah SWT mengingatkan umat muslim untuk memenuhi kewajiban sholat sebelum mengerjakan kewajiban lainnya seperti zakat.

Perintah Zakat

Zakat adalah kewajiban memberikan sebagian harta kita kepada yang membutuhkan. Perintah zakat secara khusus diterangkan dalam al-Quran dalam surah At-Taubah ayat 103 yang artinya:

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka yang memberikan zakatnya. Dan doalah untuk mereka, sesungguhnya doa kamu itu akan menenangkan hati mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Allah SWT memberikan perintah zakat sebagai bentuk kepedulian dan keikhlasan umat muslim untuk membantu saudara seiman yang membutuhkan.

Namun, mengapa Allah SWT memberikan perintah zakat setelah perintah sholat?

Mengokohkan Iman

Allah SWT memberikan perintah sholat dan zakat sebagai bentuk mengokohkan iman. Dalam hal ini, Allah SWT ingin mengingatkan umat muslim bahwa iman tidak hanya dilakukan melalui tindakan ibadah, namun juga harus melibatkan kepedulian terhadap sesama umat manusia.

BACA JUGA:   Apa Perbedaan Wakaf dengan Zakat? Jelaskan!

Dengan melakukan sholat terlebih dahulu, umat muslim akan lebih terdidik untuk senantiasa meningkatkan keimanan dalam dirinya. Dalam sholat, kita diajarkan untuk membaca al-Quran, berdoa, dan memuji serta menyembah Allah SWT dalam segala aspek kehidupan.

Setelah terkait erat dengan Allah SWT melalui sholat, kita pun akan lebih baik dalam menangani masalah kehidupan, termasuk dalam hal berzakat. Dalam hal ini, zakat adalah bentuk pelaksanaan ibadah yang turut membantu sesama umat manusia.

Kesimpulan

Maka, setelah membaca ulasan di atas, kita bisa simpulkan bahwa perintah zakat setelah perintah sholat memiliki tujuan untuk mengokohkan iman. Kedua tindakan ibadah tersebut perlu dilakukan bersama-sama, namun dimulai dengan sholat terlebih dahulu.

Sekali lagi, sholat dan zakat merupakan dua hal yang sangat penting dalam kehidupan seorang muslim. Mari kita senantiasa memperbaiki kualitas ibadah dan memperkuat iman dengan senantiasa melakukan sholat dan berzakat. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan dan kelancaran dalam mengamalkan agama Islam.