Skip to content
Home » Ketahui Hal Ini Sebelum Menggunakan Parfum Saat Melakukan Ibadah Umroh

Ketahui Hal Ini Sebelum Menggunakan Parfum Saat Melakukan Ibadah Umroh

Apakah umroh boleh pakai parfum?

Apakah Umroh Boleh Memakai Parfum?

Umroh adalah perjalanan spiritual yang menjadi salah satu rukun Islam. Dalam pelaksanaannya, para jemaah umroh memerlukan persiapan-persiapan tertentu yang harus dipatuhi. Salah satu di antaranya adalah aturan berpakaian ketika melaksanakan ibadah haji. Sejak memakai pakaian ihram, para jemaah umroh tidak boleh menggunakan wangi-wangian, mandi memakai sabun, sikat gigi pakai odol, memakai peci atau pakaian lain, dan berhubungan suami istri.

Bagi sebagian jemaah umroh, masalah ini menjadi perdebatan. Apakah para jemaah umroh boleh menggunakan parfum? Apakah menggunakan parfum diperbolehkan saat melaksanakan ibadah umroh?

Pengertian Parfum

Parfum adalah suatu produk yang digunakan untuk mengharumkan tubuh. Parfum dibuat dari bahan-bahan alami yang diekstrak dari tanaman dan tumbuhan. Parfum berfungsi untuk menghilangkan bau badan dan menambah aroma tubuh.

Hukum Menggunakan Parfum Saat Umroh

Menurut para ahli fiqih, hukum menggunakan parfum saat melaksanakan ibadah umroh adalah haram. Hal ini ditegaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib:

“Apabila jemaah umroh memakai pakaian ihram, maka janganlah ia menggunakan wangi-wangian dan keringatnya pun jangan disemprot dengan parfum.”

Hal ini berarti bahwa para jemaah umroh tidak boleh menggunakan parfum baik sebelum, selama, maupun sesudah kegiatan ibadah haji. Alasannya karena parfum termasuk wangi-wangian yang tidak boleh digunakan selama berada dalam keadaan ihram.

Selain itu, menurut pendapat para ahli fiqih, menggunakan parfum sama saja dengan meng-cover keringat dan bau badan yang dapat mengganggu kemurnian ibadah. Sehingga para jemaah umroh diharamkan menggunakan parfum sebelum, selama, maupun sesudah ibadah haji.

BACA JUGA:   Ayat Al-Quran Tentang Ibadah Umroh: Sejarah dan Keutamaannya

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa para jemaah umroh tidak boleh menggunakan parfum sebelum, selama, maupun sesudah ibadah haji. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib.

Para jemaah umroh juga dihimbau untuk menjaga kesucian ibadah haji dengan berbagai cara, seperti tidak menggunakan wangi-wangian, menjaga kebersihan, dan lain sebagainya. Ini semua demi menjaga kesucian ibadah haji yang telah diwajibkan oleh Allah SWT.

.