Skip to content
Home » Ketahui Tanggal Waktu Haji Tahun Ini Dan Persiapkan Diri Dengan Baik

Ketahui Tanggal Waktu Haji Tahun Ini Dan Persiapkan Diri Dengan Baik

Waktu haji kapan?

Apa Itu Waktu Haji?

Waktu haji adalah periode khusus yang disyariatkan oleh Allah SWT yang ditetapkan untuk melakukan haji, yang merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dikerjakan. Waktu haji dimulai sejak bulan Syawal hingga bulan Dzulhijjah. Yaitu, dimulai dari tanggal 10 Syawal hingga 10 Dzulhijjah. Periode ini merupakan waktu yang tepat untuk melaksanakan ibadah haji.

Kapan Waktu Haji?

Berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW, waktunya untuk ihram dimulai sejak bulan Syawal, Dzulqa’dah, dan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah (berakhir ketika sudah muncul fajar pagi Idul Adha) (An-Nawawi, Al-Majmu’ Syarah al-Muhadzdzab, 2011: juz 8, h. 168).

Waktu Haji yang Disediakan di Indonesia

Indonesia memiliki kebijakan yang berbeda dengan negara lain dalam menentukan waktu Haji. Kebijakan yang diberlakukan oleh pemerintah Indonesia adalah bahwa waktu Haji dibagi menjadi dua periode, yaitu Haji I dan Haji II. Haji I dimulai pada tanggal 10 Syawal hingga 10 Dzulqa’dah, dan Haji II dimulai pada tanggal 10 Dzulhijjah hingga 10 Dzulhijjah.

Persyaratan dan Biaya untuk Haji di Indonesia

Selain waktu yang ditentukan untuk pelaksanaan haji, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum melaksanakan ibadah haji. Persyaratan yang harus dipenuhi adalah:

  • Memiliki visa haji, yang dapat diperoleh di kantor cabang Kementerian Agama di seluruh Indonesia.
  • Memiliki paspor, yang masih berlaku dan memiliki sisa waktu kurang dari satu tahun.
  • Memiliki uang tunai sebesar US$ 1.500 (atau setara) untuk membayar biaya haji.
BACA JUGA:   Kepada Siapakah Ibadah Haji Itu Diwajibkan?

Selain persyaratan di atas, biaya yang dikenakan untuk pelaksanaan haji di Indonesia juga cukup mahal. Biaya untuk melaksanakan haji di Indonesia meliputi:

  • Biaya pengurusan haji sebesar Rp 15 juta (atau setara).
  • Biaya akomodasi sebesar Rp 10 juta (atau setara).
  • Biaya transportasi sebesar Rp 5 juta (atau setara).

Bagaimana Cara Mempersiapkan Diri untuk Haji?

Untuk mempersiapkan diri menghadapi ibadah haji, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan:

  • Mempersiapkan Materi: Anda harus mempersiapkan materi yang akan dibawa ke Mekkah, seperti buku-buku tentang haji, doa-doa haji, dan alat-alat yang diperlukan.
  • Mempersiapkan Fisik: Anda harus mempersiapkan diri secara fisik untuk menghadapi ibadah haji. Anda harus melakukan berbagai latihan fisik seperti jogging, push-up, sit-up, dan lain-lain.
  • Mempersiapkan Mental: Anda harus mempersiapkan diri secara mental untuk menghadapi ibadah haji. Anda harus berlatih dan menjaga agar tetap fokus pada ibadah haji yang akan dilakukan.
  • Mempersiapkan Keuangan: Anda harus mempersiapkan diri secara finansial untuk menghadapi ibadah haji. Anda harus membuat rencana keuangan yang tepat untuk membiayai kegiatan haji.

Kesimpulan

Waktu haji adalah periode khusus yang disyariatkan oleh Allah SWT yang ditetapkan untuk melakukan haji, yang merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dikerjakan. Waktu haji dimulai sejak bulan Syawal hingga bulan Dzulhijjah. Yaitu, dimulai dari tanggal 10 Syawal hingga 10 Dzulhijjah. Di Indonesia, waktu haji dibagi menjadi dua periode, yaitu Haji I dan Haji II. Persyaratan yang harus dipenuhi sebelum melaksanakan ibadah haji adalah memiliki visa haji, paspor, dan uang tunai sebesar US$ 1.500 (atau setara). Biaya yang dikenakan untuk pelaksanaan haji di Indonesia meliputi biaya pengurusan haji, biaya akomodasi, dan biaya transportasi. Untuk mempersiapkan diri menghadapi ibadah haji, Anda harus mempersiapkan materi, fisik, mental, dan keuangan. Dengan mempersiapkan diri dengan baik, Anda akan dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan memuaskan.

BACA JUGA:   Daftar Calon Jamaah Haji Tahun 2028 yang Maju