Skip to content
Home » Kisaran Biaya Naij Haji: Berapa Banyak Uang Yang Dibutuhkan?

Kisaran Biaya Naij Haji: Berapa Banyak Uang Yang Dibutuhkan?

Berapa banyak uang untuk naik haji?

Berapa Banyak Uang yang Dibutuhkan untuk Naik Haji?

Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat Islam yang mampu secara fisik dan finansial. Meski begitu, banyak orang yang masih merasa bingung dengan biaya yang dibutuhkan untuk melaksanakan ibadah haji. Oleh karena itu, di sini kami akan menjelaskan berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk naik haji.

Biaya Haji Reguler

Haji Reguler adalah jenis haji yang dilakukan dengan biaya mulai dari Rp34 juta – Rp39 juta (tergantung embarkasi keberangkatan). Paket Haji Reguler biasanya hanya mencakup biaya untuk akomodasi, transportasi, makanan, dan tiket wisata. Biaya ini hanya berlaku untuk jamaah haji yang berangkat dari Indonesia. Jika jamaah haji berangkat dari luar negeri, maka biaya yang dibutuhkan akan lebih tinggi.

Biaya Haji Plus

Paket Haji Plus adalah jenis haji yang lebih mahal daripada Haji Reguler. Paket Haji Plus biasanya mencakup biaya akomodasi, transportasi, makanan, tiket wisata, dan jasa guide haji. Biaya Haji Plus dimulai dari Rp75 juta – Rp95 juta (tergantung lama calon jamaah berada di Tanah Suci).

Biaya Lain yang Dibutuhkan untuk Naik Haji

Selain biaya paket haji, ada juga beberapa biaya lain yang harus dikeluarkan oleh jamaah haji. Biaya-biaya ini meliputi biaya untuk:

  • Visa Haji: Jamaah haji harus membayar biaya untuk visa haji sebesar Rp3 juta.
  • Asuransi Perjalanan: Asuransi perjalanan wajib dibeli oleh semua jamaah haji. Biaya asuransi ini berkisar antara Rp1,5 juta – Rp2 juta.
  • Uang Saku: Biaya uang saku berkisar antara Rp7 juta – Rp8 juta. Uang saku ini bisa digunakan untuk membeli makanan, souvenir, dan barang-barang lain yang dibutuhkan selama berada di Tanah Suci.
BACA JUGA:   Calon Jamaah Haji Tahun 2025

Tips Agar Bisa Naik Haji dengan Biaya yang Lebih Hemat

Untuk bisa naik haji dengan biaya yang lebih hemat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

  • Pilihlah Waktu yang Tepat: Pilihlah waktu yang tepat untuk melaksanakan ibadah haji. Waktu terbaik untuk melaksanakan ibadah haji adalah saat musim haji. Pada musim haji, biaya haji akan lebih murah karena banyak penerbangan yang tersedia.
  • Pilihlah Paket Haji yang Sesuai: Pilihlah paket haji yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Paket haji yang lebih mahal tidak selalu lebih baik, karena banyak hal yang bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial.
  • Carilah Promo: Carilah promo-promo yang ditawarkan oleh berbagai penyelenggara haji. Banyak penyelenggara haji yang menawarkan promo menarik seperti diskon harga, subsidi biaya, dan lainnya.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa biaya yang dibutuhkan untuk naik haji bervariasi tergantung dari jenis paket haji yang dipilih. Biaya awal yang dibutuhkan untuk naik haji adalah mulai dari Rp34 juta – Rp95 juta. Namun, biaya ini bisa lebih rendah jika jamaah haji memilih waktu yang tepat dan paket haji yang sesuai dengan kemampuan finansial. Dengan cara ini, jamaah haji bisa melakukan ibadah haji dengan biaya yang lebih hemat.