Skip to content
Home » Klarifikasi Tentang Visa Dalam Pelaksanaan Ibadah Umroh

Klarifikasi Tentang Visa Dalam Pelaksanaan Ibadah Umroh

Apakah umroh harus ada visa?

Apakah Umroh Harus Ada Visa?

Setelah umroh kembali dibuka, masyarakat berbondong-bondong mencari tahu tata cara membuat visa umrah. Dokumen ini adalah syarat wajib bagi jemaah sekaligus izin umrah resmi dari pemerintah Arab Saudi.

Visa Umrah

Visa umrah adalah izin yang diberikan oleh pemerintah Arab Saudi kepada jemaah umroh untuk melakukan perjalanan dan ibadah ke tanah suci Mekkah. Visa umrah dapat diterbitkan oleh pihak berwenang yang ditunjuk oleh pemerintah Arab Saudi, dengan dukungan dari Konsulat Jenderal Arab Saudi di Indonesia.

Syarat-syarat untuk Mendapatkan Visa Umrah

1. Paspor

Untuk meminta visa umrah, Anda harus memiliki paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan. Paspor Anda harus memiliki ruang kosong untuk menempelkan visa.

2. Foto Berwarna

Anda harus menyediakan 2 (dua) foto berwarna berukuran 4 x 6 cm dengan latar belakang putih.

3. Surat Pernyataan

Surat Pernyataan yang harus ditandatangani oleh jemaah yang menunjukkan bahwa Anda akan melakukan ibadah umrah dan bertanggung jawab atas biaya perjalanan Anda.

4. Surat Keterangan Dokter

Surat keterangan dokter yang dikeluarkan oleh dokter yang berwenang dan menyatakan bahwa pemohon tidak menderita penyakit menular atau kontagios.

5. Bukti Pembayaran

Anda harus menyediakan bukti pembayaran untuk biaya visa umrah.

6. Surat Keterangan Sekolah atau Kantor

Untuk pelajar dan mahasiswa yang berusia di bawah 21 tahun, harus menyertakan surat keterangan sekolah atau kantor yang menunjukkan bahwa mereka berhak mengikuti kegiatan umroh.

Langkah-langkah untuk Mendapatkan Visa Umrah

1. Cari Agen Perjalanan Umroh Terpercaya

Cari agen perjalanan umroh terpercaya yang dapat membantu Anda membuat visa umrah.

BACA JUGA:   Pendaftaran Umroh Online Abutour untuk Perjalanan yang Menyenangkan dan Aman

2. Sediakan Dokumen-dokumen yang Dibutuhkan

Sediakan dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti paspor, foto berwarna, surat pernyataan, surat keterangan dokter, bukti pembayaran, dan surat keterangan sekolah atau kantor.

3. Ajukan Permohonan Visa

Ajukan permohonan visa dan dokumen-dokumen yang diperlukan kepada agen perjalanan umroh yang Anda pilih.

4. Tunggu Pengumuman Visa

Setelah dokumen-dokumen diserahkan, maka Anda harus menunggu pengumuman visa.

5. Ambil Visa

Jika pengumuman visa telah diterima, Anda harus mengambil visa di Konsulat Jenderal Arab Saudi.

Kesimpulan

Visa umrah adalah syarat wajib bagi jemaah yang ingin melakukan ibadah umroh ke tanah suci Mekkah. Untuk mendapatkan visa umrah, Anda harus menyediakan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti paspor, foto berwarna, surat pernyataan, surat keterangan dokter, bukti pembayaran, dan surat keterangan sekolah atau kantor. Setelah dokumen-dokumen tersebut diserahkan, Anda harus menunggu pengumuman visa. Jika pengumuman visa telah diterima, Anda harus mengambil visa di Konsulat Jenderal Arab Saudi.

Perlu diingat, bahwa visa umrah tidak dapat diperpanjang atau diperbaharui. Jika Anda ingin melakukan ibadah umrah lagi, Anda harus membuat permohonan visa baru.