Skip to content
Home » Konsekuensi Dan Dampak Yang Terjadi Jika Wajib Haji Ditinggalkan

Konsekuensi Dan Dampak Yang Terjadi Jika Wajib Haji Ditinggalkan

Apa yang Terjadi Jika wajib haji ditinggalkan?

Apa yang Terjadi Jika Wajib Haji Ditinggalkan?

Syarat wajib haji dan umrah adalah rangkaian ibadah yang tidak boleh ditinggalkan oleh jemaah. Setiap jemaah harus melakukan perjalanan ibadah dengan penuh kesungguhan dan ketaatan terhadap syarat-syarat yang telah ditentukan. Namun, ada kalanya jemaah terpaksa meninggalkan perjalanan ibadah karena berbagai alasan. Konsekuensi dari hal ini biasanya adalah harus membayar dam atau denda tanpa menghilangkan keabsahan ibadah yang dilakukannya.

Pembayaran Dam

Dam adalah sebuah biaya yang harus dibayarkan oleh jemaah yang terpaksa meninggalkan perjalanan ibadah haji atau umrah. Jumlah dam yang harus dibayarkan akan berbeda-beda tergantung pada alasan mengapa jemaah meninggalkan perjalanan ibadah. Syarat-syarat untuk membayar dam juga akan berbeda-beda antara haji dan umrah.

Syarat Membayar Dam untuk Haji

  • Jemaah yang meninggalkan perjalanan ibadah haji harus membayar dam dengan jumlah senilai 100 gram emas.
  • Dam ini harus dibayarkan kepada pihak yang berwenang sebelum jemaah meninggalkan Makkah.
  • Jika jemaah membayar dam, maka ibadah haji yang telah dilakukannya masih sah. Namun, jemaah harus menyelesaikan ibadah haji pada musim haji berikutnya.

Syarat Membayar Dam untuk Umrah

  • Jemaah yang meninggalkan perjalanan ibadah umrah harus membayar dam dengan jumlah senilai 50 gram emas.
  • Dam ini harus dibayarkan kepada pihak yang berwenang sebelum jemaah meninggalkan Makkah.
  • Jika jemaah membayar dam, maka ibadah umrah yang telah dilakukannya masih sah. Namun, jemaah harus menyelesaikan ibadah umrah pada musim haji berikutnya.
BACA JUGA:   Ibadah Haji Termasuk Cuti Apa? Ini Penjelasannya

Konsekuensi Jika Dam Tidak Dibayarkan

Jika jemaah tidak membayar dam, ibadah haji atau umrah yang telah dijalankannya tidak akan sah. Jemaah harus menyelesaikan ibadah haji atau umrah dari awal hingga akhir sesuai dengan syarat yang telah ditentukan. Selain itu, jemaah juga harus membayar biaya tambahan untuk mengajukan ibadah haji atau umrah di musim haji berikutnya.

Pelaksanaan Denda Haji dan Umrah

Ketika jemaah membayar dam, selanjutnya pihak yang berwenang akan mengirimkan surat perintah kepada jemaah tersebut. Surat ini berisi informasi tentang kapan jemaah harus menyelesaikan ibadah haji atau umrah. Jemaah harus menyelesaikan ibadah haji atau umrah sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, atau jemaah akan dikenakan denda.

Selain itu, jemaah yang terpaksa meninggalkan perjalanan ibadah haji atau umrah juga harus membayar biaya tambahan untuk menyelesaikan ibadah. Biaya ini berbeda-beda tergantung pada negara tujuan. Misalnya, jika jemaah tertarik untuk menyelesaikan haji atau umrah di Arab Saudi, maka jemaah harus membayar biaya tambahan sebesar 75 ribu riyal Arab Saudi.

Kesimpulan

Konsekuensi bagi jemaah yang harus meninggalkan perjalanan ibadah haji atau umrah adalah membayar dam dan biaya tambahan. Dam dan biaya tambahan ini harus dibayarkan sebelum jemaah meninggalkan Makkah. Jika jemaah tidak membayar dam dan biaya tambahan, ibadah haji atau umrah yang dilakukannya tidak sah dan jemaah akan dikenakan denda. Jemaah juga harus menyelesaikan ibadah haji atau umrah dari awal hingga akhir sesuai dengan syarat yang telah ditentukan.